Bagaimana cara pasang talang air mobil?

Tips parkir mobil untuk pemula

[ad_1]



Memarkirkan mobil untuk pengemudi pemula umumnya menjadi hal yang cukup menakutkan. Kemampuan untuk mengukur lebar dan panjang mobil masih belum terbentuk sehingga muncul kekhawatiran jika mobil akan terparkir miring, tidak rata, atau bahkan menyenggol benda-benda disekitarnya seperti mobil lain ataupun tembok.

Hal yang paling pertama dan sangat dianjurkan sebelum parkir mobil yang bisa menjadi kunci utama agar anda bisa parkir mobil dengan baik dan benar adalah ketenangan diri dalam mengontrol laju dan posisi mobil saat parkir.

Tenang, tidak terburu-buru, tidak panik, selalu memperhatikan posisi dan gerak mobil, adalah upaya yang baik yang bisa anda lakukan saat parkir mobil, namun begitu, untuk memarkirkan mobil yang sesuai dengan aturan dan posisi yang kita inginkan, berikut tips yang bisa anda lakukan.

Tips parkir mobil untuk pemula

Cermati posisi area parkir

Mencermati area parkir disini adalah upaya untuk menentukan cara parkir mobil yang tepat yang harus anda lakukan. Ketika memasuki area parkir mobil, kita akan melihat jejeran mobil-mobil lain yang sudah terparkir sebelumnya.

Nah inilah saatnya kita menentukan cara parkir mobil yang mana yang akan kita lakukan, Apakah harus parkir mobil secara paralel? Parkir dengan posisi serong? Parkir mundur? atau hanya parkir lurus saja ?

Selain itu , jika sudah mulai memasuki area parkir seperti di mall, pusat pebelanjaan, ataupun toko di pinggir jalan, jalankan mobil secara pelan dan nyalakan lampu sein.

Dengan begitu pengendara di belakang anda dan tukang parkir yang sedang berjaga akan tahu bahwa anda sedang mencari tempat parkir. Jika terdapat tempat kosong, pastikan tempat tersebut sesuai dengan ukuran mobil yang anda gunakan.

Buka Jendela dan Matikan Audio

Sebelum anda mulai untuk parkir mobil, sebaiknya anda matikan audio dan membuka jendela terlebih dahulu. Hal ini akan membantu anda untuk fokus terhadap lingkungan di sekitar termasuk suara tukang parkir yang memberikan instruksi arah parkir mobil anda.

Selain itu dengan membuka jendela mobil, pandangan yang tampak di kaca spion juga akan semakin jelas sehingga anda bisa lebih tepat untuk menentukan tindakan dan langkah-langkah selanjutnya.

Gunakan Kaca Spion dan Fitur Parkir mobil

Kaca spion memiliki peran penting guna melihat situasi di sekitar area belakang kendaraan, baik untuk kaca spion tengah yang berfungsi untuk memastikan kondisi di belakang mobil, spion kanan untuk area kanan belakang mobil, dan spion kiri untuk area kiri belakang mobil.

Oleh karena itu, anda perlu mengatur sudut pandang kaca spion agar menjadi lebih baik guna membantu anda saat parkir mobil.

Jika masih ragu, anda dapat menolehkan kepala ke belakang untuk memastikan situasi benar-benar aman atau anda juga bisa memanfaatkan fitur parkir mobil yang sudah umum ada di mobil-mobil modern masa kini seperti sensor atau kamera mundur.

Pahami Arah Berbelok

Mengetahui arah kemudi saat mundur akan membantu Anda saat menentukan posisi belakang mobil. Saat Anda ingin mobil mundur ke kiri, maka setir harus diputar ke kiri.

Begitu juga sebaliknya, bila anda ingin belok ke kanan, maka setir harus diputar ke kanan. Mungkin akan sedikit rumit di awal, namun bila Anda sering berlatih cara memundurkan mobil, hal ini bukanlah masalah.

Gunakan rem untuk mengendalikan laju kecepatan mobil

Disaat parkir mundur, terlebih ketika berada di permukaan jalan yang rata, tidak menanjak ataupun menurun, sebaiknya hindari penggunaan pedal gas jika tidak diperlukan. Karena setiap mobil umumnya dapat melaju perlahan dengan sendirinya tanpa perlu menekan pedal gas.

Sebagai gantinya, anda dapat menggunakan pedal rem untuk mengendalikan kecepatan laju mundur kendaraan. Penguasaan terhadap penekanan pedal rem dengan laju kendaraan akan memastikan keamanan yang lebih saat parkir mobil.

Beri Jarak Pada Sisi Kanan Dan Kiri Mobil

Saat parkir mobil, selalu berikan jarak yang cukup pada sisi kanan dan kiri mobil. Selain meminimalisir bodi mobil terserempet, anda juga memiiki ruang yang leluasa untuk keluar masuk mobil selepas parkir mobil selesai.

Area parkir mobil umumnya sudah memiliki garis pembatas pada masing-masing area parkir mobil. Manfaatkan are tersebut dengan cara parkir mobil anda tepat di tengah-tengahnya, yaitu diantara dua garis pembatas. Dengan begitu, anda dan penumpang tetap memiliki ruang dan jarak yang cukup untuk membuka pintu dan keluar dari mobil.

Amankan Mobil Saat Parkir

Setelah mobil berhenti pada posisi parkir yang tepat, pastikan untuk selalu meninggalkan mobil dalam kondisi yang aman seperti gigi persneling pada posisi Netral, menarik tuas rem tangan agar mobil tidak bergerak, menutup semua kaca jendela dan mengunci mobil anda dengan benar.

Ketika area parkir yang anda gunakan berada pada posisi yang tidak rata, misalnya berada pada tanjakan, turunan, atau area parkir yang miring. Ada baiknya untuk menambah keamanan di mobil seperti contohnya memposisikan gigi persneling pada posisi 1, R , atau dengan memasang ganjal ban selama mobil terparkir.



[ad_2]

Source link

Komentar