Bagaimana cara pasang talang air mobil?

Letak relay Avanza dan posisinya

[ad_1]




Setelah pada postingan sebelumnya ombro pernah menginformasikan arti kode sekring mobil Avanza berikut posisinya, maka pada artikel kali ombro akan kembali berbagi informasi tentang letak relay Avanza dan posisinya, baik untuk relay yang ada di ruangan mesin ataupun relay yang ada di dalam kabin mobil.

Sebagai catatan, letak relay Avanza dan posisinya yang ombro tuliskan kali ini adalah letak relay yang digunakan khusus pada mobil Toyota Avanza keluaran tahun 2011-2014 saja. Posisi dan letak relay avanza ini akan tentunya akan berbeda dengan model Avanza yang lainnya , misalnya yang keluaran 2010 kebawah atau 2014 ke atas.

letak relay avanza dan posisinya

Untuk letak relay avanza ini juga ada di dua posisi, yaitu, terpasang di dalam fuse box (boks sekring) yang ada di ruang mesin serta fuse box yang ada di dalam ruang kabin mobil. Berikut adalah letak relay avanza dan posisinya.

1. Letak dan fungsi relay avanza di ruang mesin


Pada fuse box yang ada diruang mesin untuk mobil Avanza model ini hanya tersedia 4 relay yaitu relay lampu kepala (headlamp), relay klakson (horn), relay kompresor ac (magnetic clutch), dan terakhir adalah relay fan radiator (kipas radiator). Perhatikan letak relay avanza yang ada di dalam ruangan mesin pada gambar dibawah berikut.
letak relay avanza di ruang mesin

Nomor Fungsi Relay
1 Relay lampu kepala (Headlamp)
2 Relay klakson (horn)
3 Relay kompresor ac (magnetic clutch)
4 Relay fan radiator (radiator fan - kipas radiator)

Baca juga :

2. Letak relay Avanza di dalam ruang kabin mobil


Pada fuse box yang ada di dalam ruang kabin mobil Avanza model ini terdapat 6 buah relay yaitu, Relay fog lamp, relay starter, relay ignition, relay pompa bensin (fuel pump), relay heater, dan relay EFI (komputer mesin). Perhatikan letak relay Avanza dan posisinya yang ada di dalam ruang kabin mobil pada gambar dbawah ini
letak relay avanza di ruangan dalam kabin mobil

Nomor Fungsi Relay
1 Relay fog lamp (Lampu Kabut)
2 Relay starter
3 Relay Ignition No 1
4 Relay pompa bensin (fuel pump)
5 Relay Heater No 1
6 Relay EFI (computer)

Dengan mengetahui letak relay Avanza seperti yang sudah ombro paparkan diatas, setidaknya hal ini bisa membantu dalam menyelesaikan masalah ataupun troubleshooting yang sobat alami dan berkaitan dengan masalah elektrikal seperti misalnya kipas radiator mati, lampu kepala mati ataupun hal-hal lain yang sifatnya kelistrikan pada mobil Avanza.

Demikianlah artikel tentang letak relay avanza dan posisinya yang bisa ombro sampaikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Tips-dan-cara



[ad_2]

Source link

Komentar