Bagaimana cara pasang talang air mobil?

Tips Merawat Pelapis Jok Kulit Sintetis di Mobil

[ad_1]




Munculnya pelapis jok kulit sintetis di dunia otomotif turut meramaikan pasar modifikasi mobil di tanah air. Kesan mewah serta kualitasnya yang bisa terbilang mirip dengan kulit asli menjadikan bahan pelapis jok kulit sintetis cukup menarik minat bagi mereka yang ingin melapisi jok di kendaraannya agar tampak baru, modis dan lebih personal.

Selain harganya yang terbilang jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan bahan kulit asli, dalam hal perawatan, penggunaan pelapis jok kulit sintetis ini juga terbilang lebih mudah.

merawat pelapis jok kulit sintetis

Meskipun begitu, perawatan yang tepat tentunya sangat diperlukan agar pelapis jok kulit sintetis ini bisa tetap awet, nyaman dan selalu terlihat segar dipandang mata. Nah pada artikel kali ini, ombro akan berbagi info dan tips merawat pelapis jok kulit sintetis di mobil agar tetap awet dan tampil segar . Simak tipsnya dibawah berikut ini.

1. Bersihkan secara berkala


Membersihkan pelapis jok kulit sintetis secara berkala merupakan langkah awal untuk merawat dan menjaga tampilan dari pelapis jok kulit sintetis ini. Luangkanlah waktu minimal dua minggu sekali untuk membersihkan jok tersebut.

Gunakan kain halus atau kain sejenis mikrofiber (plas chamois) yang sedikit lembab untuk menyeka permukaan jok kulit dan lakukan secara perlahan. Tambahkan air sabun berkadar ph rendah untuk mengusir kotoran yang cukup membandel. Jika diperlukan, gunakan sikat gigi berbahan halus untuk membantu menghilangkan kotoran tersebut.

Ada baiknya untuk menggunakan sabun / cairan pembersih khusus untuk kulit sintetis agar hasilnya lebih maksimal. Cairan pembersih seperti ini kini banyak di jual di toko-toko perlengkapan otomotif. Selain itu perhatikan juga cara penggunaanya untuk memaksimalkan hasil yang sesuai dengan harapan anda.

Namun begitu, tetap perhatikan penggunaan air saat melakukan pembersihan. Gunakan air seminimal mungkin untuk mencegah air meresap kedalam jok melalui jahitan. Air yang meresap kedalam jok selain dapat menimbulkan jamur juga bisa menimbulkan bau tidak sedap.

2. Jaga kelembaban kabin


Selain melakukan pembersihan secara berkala, menjaga kelembaban kabin juga memiliki peran penting agar pelapis jok kulit sintetis ini bisa tetap awet dan tahan lama. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat mempertahankan kelembaban kabin diantaranya :
  • Jangan terlalu lama memarkir kendaraan dibawah sinar matahari langsung karena dapat merusak warna serta kelenturan pelapis jok kulit sintetis ini. Usahakan selalu parkir di area yang teduh.

  •  Saat cuaca tidak terik (seperti pagi hari atau sore menjelang malam), sesekali bukalah seluruh pintu mobil atau kaca jendela mobil agar terjadi pertukaran udara. Dengan begitu udara jenuh yang ada didalam kabin bisa berganti dengan udara segar.


Dengan menjaga kelembaban udara dalam kabin, maka pelapis jok kulit sintetis ini tidak mudah kering dan retak retak yang tentunya bis amenjadi lebih awet dan tahan lama.

Baca juga :

3. Jauhi benda tajam


Untuk merawat pelapis jok kulit sintetis agar tetap awet ada baiknya untuk menjauhi benda-benda tajam dari pelapis jok kulit ini. Gunting, pisau, jarum pentul, cutter, peniti, bahkan bulpen (pena), merupakan benda tajam yang dapat merusak bahkan merobek pelapis jok kulit sintetis ini.

Lindungilah pelapis jok kulit sintetis ini dari benda-benda tersebut dengan cara memberikan wadah khusus untuk meletakkan benda-benda tersebut.

Jika anda membawa hewan peliharaan seperti anjing aau kucing misalnya, pastikan anda sudah memotong dan merapihkan kuku hewan kesayangan anda tersebut untuk mencegah lapisan jok tidak tergores oleh kuku mereka. Ada baiknya, lapisi jok mobil dengan kain atau selimut dimana anda meletakkan hewan kesayangan anda tersebut.

Demikianlah tips merawat pelapis jok kulit sintetis di mobil yang bisa ombros sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Tips-dan-cara



[ad_2]

Source link

Komentar