Bagaimana cara pasang talang air mobil?

Keuntungan fuel pump di dalam tangki bahan bakar

[ad_1]




Bisa dikatakan bahwa seluruh mobil terbaru yang diproduksi saat ini sudah menggunakan fuel pump yang letaknya ada di dalam tangki bahan bakar. Ya, fuel pump atau pompa bahan bakar ini sudah banyak berubah, baik dari tipe ataupun cara kerjanya.

Pada mobil-mobil lama, kita kerap menemukan fuel pump terpasang di silinder head yang menggunakan sistem mekanikal dan terhubung dengan camshaft. Selain itu, ada pula fuel pump yang dipasang diluar dekat tangki bahan bakar. Dan kini, fuel pump pada mobil-mobil terbaru umumnya bisa ditemukan hanya di dalam tangki bahan bakar saja.

Perubahan-perubahan ini tentunya perlu dilakukan seiring dengan perkembangan jaman dan tuntutan untuk menciptakan mesin yang lebih efisien serta lebih ramah lingkungan. Salah satu hal yang mendorong perubahan ini adalah munculnya sistem Electronic Fuel Injection.

keuntungan fuel pump di dalam tangki bahan bakar

Lantas, apa saja keuntungan menggunakan fuel pump yang diletakkan di dalam tangkai bahan bakar? Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi terkait dengan keuntungan fuel pump di dalam tangki bahan bakar, simak infonya dibawah ini.

1. Distribusi Bahan bakar lebih cepat dan efisien


Keuntungan fuel pump di dalam tangki bahan bakar yang pertama adalah distribusi bahan bakar yang lebih cepat. Hal ini tentunya tidak lagi diragukan karena fuel pump di dalam tangki bahan bakar sudah pasti terendam oleh cairan bahan bakar.

Dengan posisi fuel pump yang sudah terendam cairan bahan bakar ini, maka pemompaan dan penyaluran bahan bakar menuju ke injektor menjadi lebih cepat dan lebih efisien.

Saat kunci kontak diputar ke posisi ON, maka fuel pump langsung bekerja untuk mengirim bahan bakar ke injektor melalui saluran pipa bahan bakar.

Hal ini jelas berbeda dengan fuel pump yang berada diluar tangki. Fuel pump diluar tangki bahan bakar membutuhkan waktu sedikit lebih lama dibanding fuel pump di dalam tangki saat menarik bahan bakar dari dalam tangki dan mendorongnya menuju ke injektor.

2. Tingkat kebisingan yang lebih rendah


Keuntungan fuel pump di dalam tangki bahan bakar yang kedua adalah tingkat kebisingan yang lebih rendah. Ya, in-tank fuel pump memiliki tingkat kebisingan yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan fuel pump yang dipasanga di luar.

Hal ini dikarenakan fuel pump di dalam tangki bahan bakar selalu terendam oleh cairan bahan bakar. Cairan bahan bakar inilah yang akan meredam getaran yang terjadi sat fuel pump bekerja. Selain itu, karena di dalam tangki bahan bakar lebih sedikit udara bebas, maka bunyi yang muncul dari fuel pump akan teredam di dalam tangki tersebut.

Baca juga :

3. Tidak ada vapor lock dari tangki ke fuel pump


Keuntungan fuel pump di dalam tangki bahan bakar yang ketiga adalah tidak adanya vapor lock dari tangki ke fuel pump saat pendistribusian bahan bakar menuju injektor.

Vapor lock merupakan peristiwa terjebaknya udara pada sebuah saluran berisi cairan. Vapor lock dapat menganggu distribusi bahan bakar ke injektor sehingga dapat mengakibatkan masalah pada mesin seperti sulit hidup atau mesin brebet saat digas.

Kondisi vapor lock ini rentan terjadi pada mesin dengan fuel pump di luar yang letaknya jauh dari fuel tank. Sedangkan pada mesin yang menggunakan fuel pump di dalam tangki bahan bakar, masalah vapor lock dari tangki ke fuel pump bisa ditiadakan.

4. Rendah perawatan dan lebih aman


Keuntungan fuel pump di dalam tangki bahan bakar yang terakhir ombro ketahui adalah rendah perawatan dan lebih aman. Ya, In-tank fuel pump umumnya memiliki tingkat perawaan yang sangat rendah, satu-satunya perawatan yang perlu dilakukan untuk in-tank fuel pump ini adalah pembersihan filter fuel pump.

Pembersihan filter ini juga umumnya hanya dilakukan jika mesin mulai muncul masalah yang berkaitan dengan supply bahan bakar.

Selain itu, filter di dalam tangki ini juga relatif lebih aman karena terlindung dan berada di dalam tangki, sehingga ketika terjadi kebocoran, maka bahan bakar tidak tercecer kemana-mana melainkan akan tertampung di dalam tangki itu sendiri.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Teori-Otomotif



[ad_2]

Source link

Komentar