Bagaimana cara pasang talang air mobil?

Fungsi selang radiator pada mesin mobil

[ad_1]




Selang radiator merupakan salah satu komponen pada sistem pendingin yang terbuat dari bahan karet elastis dengan jalinan benang didalamnya. Selang radiator dapat dengan mudah kita temui di mesin, umumnya berada diantara mesin dengan radiator dan kerap dipisah oleh kipas radiator.

Pada mesin-mesin mobil umumnya terdapat dua selang radiator, yaitu upper hose dan lower hose. Kedua selang ini terbuat dari bahan yang sama, namun memiliki model lekukan yang berbeda, sangat tergantung dari model dan desain mesin pada mobil tersebut.

fungsi selang radiator

Lantas apa saja sih sebenarnya fungsi dari selang radiator ini? Berikut fungsi selang radiator yang ada di mesin..

1. Tempat mengalirnya cairan pendingin mesin


Fungsi selang radiator yang pertama adalah sebagai tempat mengalirnya cairan pendingin mesin dari radiator ke dalam mesin maupun dari mesin masuk ke radiator. Seperti kita ketahui bahwa fungsi radiator adalah untuk mendinginkan suhu air pendingin yang datang dari mesin dalam kondisi panas.

Aliran air pendingin dari mesin ini akan mengalir ke radiator melalui selang radiator bagian atas (kerap disebut upper hose) untuk kemudian berhenti di diradiator akibat thermostat yang menutup.

Saat thermostat terbuka, maka aliran air pendingin bersuhu dingin akan mengalir melalui selang radiator bagian bawah (disebut lower hose) untuk dimasukkan ke mesin dan kembali digunakan untuk menurunkan suhu mesin.

2. Penghubung saluran air pendingin antara radiator dan mesin


Fungsi selang radiator yang kedua adalah sebagai penghubung saluran air pendingin antara radiator dan mesin. Pada mesin-mesin mobil umumnya, radiator diletakkan di bagian grill depan dan melekat di frame/rangka bodi kendaraan, sedangkan mesin terpisah dari radiator dan terpasang pada ruang mesin.

Untuk menghubungkan saluran air yang ada di mesin dengan saluran air pada radiator,maka digunakanlah selang radiator sehingga bisa kita kaakan bahwa selang radiator ini menjadi penghubung saluran air antara mesin dengan radiator.

Baca juga :

3. Mengurangi getaran mesin ke radiator


Selain sebagai penghubung dan tempat mengalirnya air pendingin mesin, selang radiator juga berfungsi untuk mengurangi getaran mesin agar tidak merembet dan merusak radiator.

Seperti sudah kita ketahui bahwa selang radiator terbuat dari bahan karet yang cukup fleksible, namun di dalamnya terdapat jalinan benang-benang sehingga memperkuat kekuatan selang radiator.

Saat mesin bekerja, umumnya sering terjadi getaran yang cukup besar di mesin. Dengan menggunakan selang radiator yang berbahan karet ini, maka getaran tidak akan merembet hingga ke radiator dan bodi mobil.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Teori-Otomotif



[ad_2]

Source link

Komentar