Bagaimana cara pasang talang air mobil?

Fungsi obeng ketok dan cara menggunakannya

[ad_1]



Obeng ketok kerap memiliki banyak nama saat digunakan di bengkel, ada yang menyebutnya dengan sebutan obeng gedor dan ada pula yang menyebutnya dengan sebutan obeng pukul. Obeng ketok memiliki nama teknik yang disebut dengan Impact driver.

Obeng ketok memiliki bentuk seperti selongsong yang terbuat dari bahan logam dengan bobot yang cukup berat. Dibagian dalamnya terdapat mekanisme penggerak yang akan menghasilkan gaya rotasi (berputar) dan sangat kuat ketika bagian belakangnya dipukul dengan palu.

Pada bagian depan obeng ketok ini terdapat sebuah socket khusus sehingga mata obeng getok bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan. Ya, obeng ketok memiliki beberapa model mata obeng ketok, namun umumnya disediakan dua macam plus dan minus.

Fungsi obeng ketok

Lantas apa sih sebenarnya fungsi dari obeng ketok ini ? Dan bagaimana cara menggunakan obeng ketok yang benar ? Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi tentang fungsi obeng ketok dan cara menggunakannya, simak infonya dibawah ini..

Fungsi obeng ketok


Fungsi obeng ketok adalah untuk mengencangkan atau melepas sekrup dengan momen pengencangan yang besar seperti misalnya sekrup yang digunakan untuk mengikat magnetic switch di motor starter. Ya, obeng ketok ini sering digunakan oleh mekanik atau montir untuk melonggarkan sekrup (baut) dan mur yang lebih besar dan kaku akibat berkarat atau over torque (terlalu kencang).

Cara menggunakan obeng ketok


cara menggunakan obeng ketok

Untuk menggunakan obeng ketok ini sebenarnya sangat mudah, perhatikan langkah-langkah menggunakan obeng ketok seperti dibawah berikut :

1. Pasang mata obeng ketok yang pas dan sesuai.

Langkah pertama adalah pasang mata obeng ketok sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk membuka sekrup dengan mata plus, maka gunakan mata obeng ketok dengan ujung yang berbentuk plus, begitu pula untuk model yang lainnya. Namun, tetap pastikan agar mata obeng ketok yang digunakan pas (tidak kendor). Menggunakan mata obeng ketok yang tidak sesuai bisa merusak sekrup yang akan dibuka.

Baca juga :

2. Pasang obeng ketok tegak lurus terhadap sekrup

Pasang obeng ketok dan masukkan mata obeng ketok ke kepala sekrup yang akan dikerjakan. Posisikan obeng ketok dan matanya tegak lurus terhadap sekrup tersebut.

3. Putar obeng ketok sesuai arah yang dinginkan

Setelah obeng ketok dan matanya tertancap di sekrup, langkah selanjutnya adalah putar obeng ketok sesuai dengan arah yang di inginkan. Seperti misalnya kita ingin membuka sekrup tersebut, maka putar obeng ketok ke arah yang berlawanan dengan arah jarum jam (arah putaran ke kiri). Jika ingin mengencangkan sekrup, maka putar obeng ketok ke arah yang searah dengan jarum jam (arah putaran ke kanan).

4. Tahan posisi obeng ketok dan pukul bagian belakang obeng ketok dengan palu

Setelah posisi obeng ketok sudah pas, tahan posisi obeng ketok sambil menekannya kebawah. Selanjutnya pukul bagian belakang obeng ketok dengan palu hingga bagian mata obeng ketok dan sekrup bergerak dan berputar dengan sendirinya sesuai arah yang sudah kita inginkan.

Demikianlah artikel tentang fungsi obeng ketok dan cara mengunakannya yang bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Alat Bengkel



[ad_2]

Source link

Komentar