Bagaimana cara pasang talang air mobil?

Fungsi kunci kombinasi (kunci ring pas)

[ad_1]




Selain kunci pas dan kunci ring, alat bengkel yang satu ini juga cukup banyak digunakan oleh para mekanik otomotif. Namanya kunci kombinasi. Kunci kombinasi juga dikenal sebagai kunci ring pas atau combination wrench.

Kunci kombinasi merupakan perpaduan antara kunci pas dan kunci ring. Ya, pada kunci kombinasi, kita akan menemukan dua macam kunci dalam satu tangkai alat. Pada ujung yang satu, adalah kunci pas, dan pada bagian ujung yang lainnya adalah kunci ring. Umumnya, kunci kombinasi memiliki offset sebesar 15 derajat terhadap tangkainya, baik offset pada ujung kunci ring maupun ujung kunci pas.

fungsi kunci kombinasi

Untuk ukuran kuncinya, kunci kombinasi hanya memiliki satu jenis ukuran dalam satu kunci contohnya, pada ujung yang berbentuk kunci pas memiliki ukuran 10 mm, maka pada bagian ujung satunya yang berbentuk kunci ring juga akan memiliki ukuran sebesar 10 mm.

Sedangkan untuk ukuran keseluruhan yang ada pada kunci kombinasi ini, umumnya serupa dengan kunci pas atau kunci ring. Perlu juga diketahui bahwa kunci kombinasi memiliki ukuran kunci mulai dari 6 mm sampai dengan ukuran 32 mm. Serupa dengan kunci pas dan kunci ring, kunci kombinasi umumnya juga dibuat dari bahan chrome vanadium.

Fungsi kunci kombinasi


Fungsi kunci kombinasi adalah untuk membuka atau mengencangkan kepala baut atau mur yang memiliki momen pengencangan sedang (tidak terlalu besar, juga tidak kecil). Selain itu, kunci kombinasi juga berfungsi untuk mengisi kekurangan dari kunci pas dan kunci ring.

Baca juga :

Kelebihan dan kekurangan kunci kombinasi


Karena kunci kombinasi terdiri dari dua model kunci (ring dan pas), maka kita memiliki keleluasan dalam menentukan bagian mana yang akan digunakan. Misalnya, ketika kepala baut atau mur berada pada ruang gerak yang sempit, kita bisa menggunakan kunci ring untuk menjangkaunya. Sedangkan untuk mempercepat proses mengendorkan kepala baut atau mur tersebut kita bisa langsung menggantinya dengan menggunakan kunci pas.

Meskipun memiliki keleluasaan dalam memilih model kunci yang akan digunakan sesuai dengan kondisi, kunci kombinasi juga memiliki beberapa kekurangan saat digunakan, berikut beberapa kekurangannya

  • Tidak dapat menjangkau kepala baut dan mur yang letaknya tersembunyi atau berada pada celah benda kerja.

  • Momen pengencangan yang bisa dilakukan dengan kunci kombinasi cukup kecil


Demikianlah artikel tentang fungsi kunci kombinasi (kunci ring pas) yang bisa ombo sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Alat Bengkel



[ad_2]

Source link

Komentar