Bagaimana cara pasang talang air mobil?

Cara Mudah Cek Kondisi Sabuk Pengaman, Yuk Simak

[ad_1]

Salah satu komponen atau piranti yang tergolong memiliki fungsi sangat penting dalam kendaraan roda empat anda adalah seperti sabuk pengaman yang seirng juga kita sebut dengan “set belt“.

Pada saat anda berkendara dan tidak menggunakan sabuk pengaman ini dan kebetulan anda sedang lewat dari hadapan bapak bapak polisis yang sedang melaksanakan tugasnya, tentunya anda akan di “ prit “ dan suruh menggunakan sabuk pengaman tersebut. Setuju ya sobat.

Hal ini tentunya bukan tidak mempunyai tujuan tertentu, namun hal ini dikarenakan peran dan fungsi sabuk pengaman tersebut sangatlah penting untuk mendukung kenyamanan dan keamanan anda dalam berkendara,   karena seyogianya sabuk pengaman tersebut sangat erat kaitannya dengan kenyamanan dan keamanan anda dalam berkendara.

Oleh karena itukah sobat, penting bagi anda untuk mengguankan sabuk pengaman tersebut pada saat anda sedang berkendara terutama bagi anda yang sedang menyetir atau  yang sedang duduk di jok mobil bagian depan.

Nah
sobat semua, untuk ulasan selengkapanya mengenai sabuk pengaman tersebut,
berikut ini penulis akan menyajikan ulasannya untuk anda. Yuk sobat, langsung
saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Apa Fungsi Sabuk Pengaman Tersebut Dalam Mobil Anda ?

Pentinganya fitur pengaman atau keselamatan dalam mobil anda, sehingga setiap mobil dirancang untuk memiliki sabuk pengaman tersebut. Sabuk pengaman itu sendiri merupakan sebuah alat atau piranti yang dirancang untuk menjaga keamanan seorang penumpang atau seseorang yang  menyetir mobil anda. Berikut adalah beberapa fungsi dari sabuk pengaman tersebut, antara lain :

  • Piranti yang berperan untuk menahan posisi badan agar tetap dalam posisi duduk di kursi ( tidak  terlempar ) jika terjadi benturan yang keras.
  • Piranti yang berperan untuk mengurangi resiko benturan dengan benda benda yang lain di dalam mobil saat terjadi tabrakan, dan dengan adanya sabuk pengaman tersebut diharapkan pengemudi atau penumpang tidak mengalami luka luka yang serius.
  • Piranti  yang berperan untuk membuat anda lebih nyaman pada saat berkendara
  • Piranti yang berperan untuk membuat tubuh anda tidak mudah goyang atau bergerak ke samping atau ke depan pada saat anda berkendara.

Atau dengan kata lain, fungsi atau peranan dari sabuk pengaman tersebut adalah piranti yang diciptakan atau dirancang untuk menahan seseorang atau penumpang mobil yang lainnya terutama yang duduk di jok depan,  apabila terjadi tabrakan atau rem dadakan sehingga  posisi anda tetap berada pada posisi semula.

Oleh karena pentingnya fungsi atau peranan dari sabuk pengaman tersebut, maka anda harus memastikan kondisi sabuk pengaman dalam mobil anda tetap dalam kondisi stabil sehingga tak akan menimbulkan  masalah pada saat anda menggunakannya. Lantas bagaimana cara mudah cek kondisi sabuk pengaman tersebut? Berikut ulasan selengkapnya untuk anda. Cekidot.

[Adsense-B]

2. Cara Mudah Cek Kondisi Sabuk Pengaman

Mengingat penitngnya fitur pengamanan yang satu ini, maka tentunya perhatian akan kondisi dan perawatan terhadap sabuk pengaman ini harus kita perhatikan. Begini cara pengecekannya.

  • Perhatikan Kondisi Fisik Sabuk Pengaman

Hal yang utama yang harus anda perhatikan adalah dengan memperhatikan kondisi fisik sabuk pengaman tersebut. Cek apakah ada tanda tanda kerusakan baik itu di kepala sabuk  atau kain sabuk yang terpotong atau terlilit.

Hal ini harus anda perhatikan secara detail untuk memastikan tidak ada masalah pada set belt pada mobil anda tersebut. kerusakan mobil bisa diidentifikasi dengan adanya bau bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Tes didalam hal ini maksudnya adalah lakukan tes kecil dengan menarik sabuk pengaman dengan cepat. Apabila sabuk tersebut tertahan, artinya sabuk pengaman tersebut masih dalam kondisi yang normal, dan begituun sebaliknya apabila tak tertahan atau lepas  itu artinya sabuk pengaman tersebut sudah rusak.

  • Cek Dengan Menggunakan Scanner

Pemeriksaan sabuk pengaman ini juga bisa anda lakukan dengan menggunakan scanner OBD. Sensor pada mobil anda akan memberitahukan bahwa sabuk pengaman tersebut sudah  rusak atau tidak, dan membutuhkan penggantian  atau tidak.

Oleh karena itulah sobat semua harus memastikan sensor pada scanner OBD dalam mobil anda harus berfungsi dengan baik sebagai informasi untuk anda  tentang kondisi sabuk pengaman yang ada pada  mobil anda tersebut.

Sebagai tambahan informasi untuk anda sobat, pada saat anda mengecek sabuk pengaan tersebut da terasa tertahan, maka itu artinya mobil  tersebut pernah mengalami kecelakaan. 

Hal ini seringkali terjadi terutama pada mobil dengan fitur seat belt pretensioner, dimana fungsi penahan sabuk pengaman tersebut digunakan untuk  menahan tubuh saat terjadi benturan, dan hal tersebut mengharuskan anda untuk segera mengganti sabuk pengaman tersebut agar bisa berfungsi seperti yang seharusnya. 

Selain itu, air bag dalam mobil anda dan sbuk pengaman ini juag merupakan dua fitur yang saling berhubungan, sehingga wajib bagia anda untuk mengecek kondisi kedua fitur tersebut secara berkala.

Sekian ulasan mengenai cara mudah cek kondisi sabuk pengaman dalam mobil anda yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Semoga ulasan tersebut bisa menjadi refrensi untuk anda mengenai sabuk pengaman tersebut.

Kenali masalah yang terjadi pada mobil anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan di atas. Sampai jumpa di lain kesempatan dengan pembahasan yang tidak kalah menarik sobat. Semoga membawa banyak manfaat. Salam hangat selalu dari penulis.



[ad_2]

Source link

Komentar