Bagaimana cara pasang talang air mobil?

Cara meningkatkan tenaga mesin diesel tua agar kembali seperti baru

[ad_1]



Memiliki mobil dengan mesin diesel tua (konvensional), bukan berarti kita harus pasrah terhadap terjadinya penurunan tenaga mesin diesel akibat usia mesinnya yang memang terbilang mulai uzur.

Perawatan dan pemeliharaan mesin diesel yang teratur sebenarnya menjadi kunci utama untuk mempertahankan tenaga yang bisa dihasilkan mesin diesel tersebut. Namun terkadang urusan perawatan ini kerap kali terabaikan sehingga muncullah penurunan tenaga mesin diesel yang mungkin sudah mulai mengganggu saat mobil dikendarai.

cara meningkatkan tenaga mesin diesel

Lantas, langkah apa saja yang diperlukan sebagai cara untuk meningkatkan tenaga mesin diesel tua agar kembali seperti baru ?

Nah, pada artikel berikut ini, ombro akan berbagi tips dan cara meningkatkan tenaga mesin diesel tua agar kambali terasa seperti tenagan mesin baru. Simak tips dan caranya dibawah berikut ini.

1. Bersihkan atau Ganti filter udara


Cara meningkatkan tenaga mesin diesel tua agar kembali seperti baru yang pertama perlu dilakukan adalah dengan membersihkan filter udara atau menggantinya dengan yang baru. Filter udara / saringan udara memiliki peran penting bagi mesin diesel dalam mensuplai udara yang masuk kedalam silinder mesin.

Kebersihan udara yang masuk dan jumlah udara yang cukup akan menentukan hasil pembakaran dalam silinder mesin, efeknya juga akan berimbas pada tenaga mesin yang dikeluarkan dari hasil pembakaran tersebut.

Filter udara yang bersih akan memastikan udara yang masuk kedalam silinder mesin memiliki kuantitas yang cukup baik dari jumlah udara yang dibutuhkan hingga kandungan oksigen yang ada dalam udara yang masuk tersebut.

2. Bersihkan atau Ganti filter solar


Langkah selanjutnya dalam meningkatkan tenaga mesin diesel tua agar kembali seperti baru adalah dengan membersihkan filter solar (filter bahan bakar) atau menggantinya dengan yang baru. Filter solar juga memiliki pengaruh yang besar terhadap kelancaran dan kebersihan bahan bakar yang akan di injeksikan kedalam mesin diesel tersebut.

Filter solar yang kotor, selain dapat mempengaruhi kecukupan jumlah bahan bakar yang diinjeksikan kedalam ruang bakar, ia juga dapat meloloskan kotoran yang terkandung dalam bahan bakar sehingga dapat merusak komponen-komponen di dalam bospom ataupun nosel injektor.

Oleh karenanya, membersihkan dan atau mengganti filter solar dengan yang baru, akan memastikan pasokan jumlah bahan bakar yang akan di injeksikan ke dalam silinder mesin sudah cukup dan dalam kondisi yang bersih.

3. Setel ulang celah katup (klep)


Hal berikutnya yang perlu dilakukan sebagai cara meningkatkan tenaga mesin diesel tua agar kembali seperti baru adalah dengan melakukan setel ulang celah katup (stel klep).

Umumnya, jika mesin sudah dipakai untuk menempuh jarak tempuh dan waktu pakai yang cukup lama, celah katup pada mesin diesel tersebut akan mengalami perubahan. Perubahan pada ukuran celah katup akan mempengaruhi tenaga mesin yang dihasilkan.

Ya, celah katup memiliki peran penting dalam mengatur kelancaran udara masuk, proses kompresi dan pembakaran, hingga proses pembilasan sisa gas buang menuju exhaust manifold.

Ukuran celah katup yang tidak tepat akan mempengaruhi ke empat proses tersebut sehingga akan memberikan efek pada mesin seperti mesin bergetar, muncul suara berisik saat mesin hidup hingga boros bahan bakar.

Untuk lebih lengkapnya tentang akibat dari penyetelan celah katup yang tidak tepat, sobat bisa membacanya pada artikel akibat dan efek setelan celah katup tidak tepat

4. Periksa dan setel timing injeksi pada bospom (injecton pump)


Periksa dan setel timing injeksi pada bospom merupakan langkah selanjutnya sebagai cara untuk meningkatkan tenaga mesin diesel tua agar kembali seperti baru. Ya, bospom atau injection pump merupakan komponen penting untuk menghasilkan tekanan bahan bakar yang tinggi sekaligus untuk mengatur waktu injeksi bahan bakar kedalam silinder mesin.

Waktu injeksi bahan bakar yang tidak tepat (seperti terlalu maju atau terlalu mundur) dari waktu injeksi yang seharusnya, dapat mengakibatkan mesin diesel menjadi kurang tenaga, loyo, dan bahkan bisa muncul efek knocking pada mesin.

Oleh karenanya, untuk meningkatkan tenaga mesin diesel tua agar kembali seperti semula, lakukanlah pemeriksaan timing injeksi dan lakukan penyetelan sesuai dengan pengaturan timing injeksi pada buku service manual mobil tersebut.

Jika diperlukan lakukan kalibrasi bospom ke pusat kalibrasi injection pump yang terpercaya agar hasil kerja dari bospom kembali normal seperti sedia kala.

Baca juga :

5. Periksa dan setel tekanan serta hasil pengabutan pada nosel injektor


Lakukan pemeriksaan dan penyetelan pada nosel injektor, baik untuk hasil pengabutan (spray injeksi) ataupun untuk nilai tekanan yang dibutuhkan saat injeksi berlangsung.

Pemeriksaan dan penyetelan ini bertujuan untuk memastikan bahwa nosel injektor memiliki tekanan injeksi yang sesuai untuk kebutuhan mesin tersebut serta memiliki hasil pengabutan bahan bakar yang baik.

Tekanan injeksi dan hasil pengabutan bahan bakar bagi mesin diesel memiliki pengaruh yang besar terhadap tenaga mesin yang dihasilkan.

6. Bersihkan intercooler turbo berikut selang dan pipanya


Untuk mesin diesel yang menggunakan turbo intercooler, ada baiknya untuk melakukan pembersihan pada bagian intercooler berikut selang dan pipa penyambungnya. Pada mesin diesel, udara yang masuk ke turbo umumnya mengandung oli yang dihasilkan dari saluran EGR mesin dan saluran blow by gas.

Saat masuk kedalam intercooler, uap oli mesin akan tercampur degan partikel debu yang dibawa beserta udara. Akibatnya akan menumpuk kotoran oli yang berkerak pada bagian dalam intercooler ini. Kotoran ini akan menghambat suplai udara yang dibutuhkan mesin sehingga akan mengurangi jumlah pasokan udara untuk mesin tersebut.

Akibatnya, akan menyebabkan penurunan tenaga mesin akibat tidak sesuainya campuran ideal antara bahan bakar dengan udara yang masuk kedalam mesin.

Oleh karenanya, untuk memastikan jumlah pasokan udara yang cukup, bersihkan saluran intercooler dari kotoran kotoran yang menyumbat. Denngan begitu maka mesin akan selau mendapat pasokan udara yang cukup dan bisa menghasilkan tenaga mesin yang optimal.

Lakukanlah keenam langkah tersebut diatas dengan benar dan teliti untuk mendapatkan hasil yang maksimal sehingga tenaga mesin diesel tua bisa meningkat dan terasa seperti mesin baru kembali.

Demikianlah artikel tentang cara meningkatkan tenaga mesin diesel tua agar kembali seperti baru yang bisa ombro sampaikan semoga tips ini bisa bermanfaat.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Tips-dan-cara



[ad_2]

Source link

Komentar