Bagaimana cara pasang talang air mobil?

Cara mengatur sudut pandang kaca spion yang baik

[ad_1]




Fungsi utama kaca spion adalah untuk melihat kondisi jalanan maupun lalu lintas yang ada di belakang mobil, baik disaat memarkirkan mobil atau disaat akan berpindah jalur lalu lintas di jalan raya.

Meskipun kesannya sepele, spion memiliki peran yang sangat penting selama kita mengemudi. Tanpa spion, mengemudikan mobil akan menjadi lebih sulit karena kita akan kesulitan untuk mengetahui apakah kondisi disekitar kita aman atau tidak saat bermanuver.

Di setiap mobil, biasanya kita akan menemukan 3 buah kaca spion yang menjadi piranti standard bawaan pabrik yaitu spion kanan, spion kiri dan spion tengah. Masing-masing kaca spion memiliki peran yang sama namun berbeda sudut pandang.

Meskipun berbeda, pengaturan yang kurang tepat pada masing-masing kaca spion bisa berakibat buruk pada manuver-manuver yang dilakukan selama mengemudi.

mengatur kaca spion yang baik

Oleh karena itu sudut pandang pada masing-masing kaca spion harus di atur sedemikian rupa agar penglihatan di area belakang, samping kanan dan kiri mobil menjadi lebih jelas dan memudah kan kita untuk mengambil keputusan saat bermanuver.

Lantas bagaimana cara mengatur sudut pandang kaca spion yang baik dan bisa mengakomodir segala kondisi baik saat parkir ataupun mengemudi dijalan raya ?

Perhatian:

  1. Lakukan pengaturan kaca spion saat mobil diam dan berhenti, jangan lakukan pengaturan disaat mobil sedang melaju karena membahayakan diri sendiri dan orang lain.

  2. Pastikan posisi duduk yang Anda lakukan saat ini adalah posisi duduk layaknya sedang mengemudikan mobil, karena posisi yang berbeda akan memberikan pandangan yang berbeda pula.

Mengatur sudut pandang kaca spion kiri dan kanan


Hal terpenting dalam pengaturan sudut pandang kaca spion ini adalah memaksimalkan lebar sudut pandang yang bisa ditangkap melalui kaca spion, namun tetap sisakan sedikit bagian dari bodi kanan mobil Anda.

Perhatikan posisi pengaturan kaca spion yang baik pada gambar dibawah berikut

pengaturan sudut pandang kaca spion kanan kiri
Dengan memberikan sedikit sisi bodi pada tampilan kaca spion, hal ini akan menjadikan sudut pandang yang lebih luas ke sisi sebelahnya. Sehingga, kita bisa mendapatkan 2 manfaat sekaligus yaitu pandangan yang lebih luas pada spion ketika melaju dijalan serta visibilitas yang lebih baik pada bagian sisi mobil ketika parkir mundur.

Baca juga :

  1. Cara parkir mobil secara paralel

  2. Cara mengemudi mobil manual


Mengatur sudut pandang kaca spion tengah


Untuk pengaturan sudut pandang kaca spion tengah ini sedikit lebih mudah karena kacanya sudah cukup lebar, namun tetap usahakan agar seluruh area pada kaca belakang dapat dilihat sepenuhnya.

Tujuannya agar seluruh kondisi jalanan di belakang mobil bisa terlihat dengan jelas. Perhatikan pada contoh gambar di bawah.

pengaturan sudut pandang kaca spion tengah

Dengan pengaturan seperti ini maka kita akan lebih leluasa memantau kondisi di belakang mobil kita baik dari samping kanan kiri maupun belakang.


[ad_2]

Source link

Komentar