Bagaimana cara pasang talang air mobil?

Begini Cara Mudah Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin dan Awet

[ad_1]

Cara Merawat AC Mobil – Informasi mengenai bagaimana cara merawat ac mobil biar selalu dingin dan bisa bekerja secara maksimal serta tahan lama. Pernahkah kalian merasa kegerahan saat berada dalam mobil? Pasti pernah kan. Apalagi kalau pas AC di mobil tersebut rusak atau tidak berfungsi secara normal. Tentu semua itu semakin menambah panas suasana dalam mobil dan membuat kita berkeringat. Kalau lagi pas AC mobil mati dalam keadaan macet. Bisa kita ibaratkan ‘Sudah Jatuh Tertimpa Tangga’. Lha bagaimana lagi, kalau AC mobil tidak bisa bekerja dengan normal dalam keadaan macet. Pasti keringat mengucur sangat deras sampai membasahi baju dan emosi langsung keluar seketika.

Tahukah kalian kalau AC (Air Conditioner) perlu mendapatkan perawatan juga. Tidak hanya mesin atau pun body luar mobil saja yang harus mendapat perawatan. AC mobil juga harus dirawat supaya bisa bekerja secara maksimal dan normal. Pada dasarnya cara merawat AC mobil itu harus dilakukan dengan cara yang benar. Karena AC mobil ini salah satu komponen yang penting dalam mobil. Hal ini mempengaruhi kenyamanan pengemudi saat berkendara. Selain itu, AC mobil juga sangat berpengaruh terhadap kondisi di dalam mobil supaya bisa sejuk dan nyaman. Apalagi kalau saat musim panas, AC mobil sangat berpengaruh mengatur suhu di dalam mobil yang kita kendarai.

Selain saat musim panas, di saat musim hujan pun AC mobil juga bisa membantu kenyamanan pengemudi dalam berkendara. Pasalnya saat pengemudi berkendara pada kondisi hujan, ketika AC mobil menyala bisa membuat kaca mobil tidak berkabut. Tentunya dalam kondisi cuaca apapun asal AC mobil bisa menyala seperti biasa kita tidak perlu khawatir. Namun, bagaimana kalau AC mobil tidak bisa bekerja secara normal alias ada gangguan saat digunakan. Tenang saja karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips yang ampuh supaya AC tetap dalam kondisi terbaik. Mungkin daripada terlalu banyak basa – basi. Berikut ini cara merawat AC mobil yang baik dan benar:

Rajin Membersihkan Kabin

cara merawat ac mobil

Cara merawat AC mobil yang pertama yaitu rajinlah untuk membersihkan kabin dalam mobil. Kabin mobil yang berdebu bisa saja merusak AC mobil karena saat debu masuk ke dalam AC, maka bisa membuat AC tidak bisa bekerja secara maksimal. Untuk itu kalian harus rajin membersihkan kabin mobil secara berkala atau dalam keadaan kotor. Apalagi kalau setelah berkendara jarak jauh dan mengangkut penumpang dalam jumlah banyak.

Hindari Mengendarai Dalam Kondisi Kaca Terbuka

cara merawat ac mobil

Lalu cara selanjutnya yaitu jangan sering – sering membuka kaca mobil. Cara ini cukup sederhana untuk membuat AC mobil tidak mudah rusak. Ketika kalian membuka kaca mobil saat berkendara, maka kotoran atau debu dari luar bisa masuk. Tentu saja bisa mengakibatkan AC mobil kotor dan bisa membuat kerja AC tidak normal. Untuk itu tutuplah kaca mobil saat berkendara, apalagi saat kondisi jalanan kotor dan polusi.

Jangan Merokok Dalam Mobil

cara merawat ac mobil

Tentu semua setuju kan kalau jangan merokok di dalam mobil. Akibat pertama jika ada orang yang merokok tentu saja kabin dalam mobil akan banyak asap rokok. Kemudian akibat yang kedua bisa merusak AC mobil. Karena asap rokok yang mengandung nikotin bisa masuk ke dalam AC mobil dan mempengaruhi evaporator dan membuat komponen berlendir. Jika itu terjadi, maka AC mobil akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Hindari Menyalakan AC Saat Mobil Dihidupkan

cara merawat ac mobil

Lalu cara selanjutnya yaitu jangan langsung menyalakan AC mobil saat mobil baru saja dihidupkan. Hal ini juga merupakan cara yang mudah dan simple untuk merawat AC mobil. Pastikan saat menghidupkan mobil AC harus dalam keadaan mati, baru saat mobil berjalan AC mobil boleh dihidupkan.

Pasang Filter Kabin

cara merawat ac mobil

Kemudian cara yang berikutnya adalah memasang filter kabin yang bisa menyaring kotoran dan debu yang masuk. Tentu dengan adanya filter kabin ini kita bisa lebih mudah dalam merawat AC mobil. Sebaiknya setelah menggunakan filter kabin ini mintalah mekanik untuk menyemprot bagian ini supaya selalu bersih.

Perhatikan RPM Mobil Saat AC Menyala

cara merawat ac mobil

Sering – seringlah untuk memperhatikan rpm mobil saat ac mobil dinyalakan. Jika rpm terlalu rendah atau tidak sesuai, maka bisa berpengaruh pada dingin tidaknya AC mobil. Oleh karena itu selalu lihat rpm mobil saat ac menyala.

Periksa Putaran Extra Fan atau Kipas Kondensor

cara merawat ac mobil

Jika pada AC mobil kalian dilengkapi dengan Extra Fan atau Kipas Kondensor. Maka kalian harus sering memeriksa putaran kipas tersebut supaya performa putaran bisa berjalan dengan normal.

Itulah beberapa tips merawat ac mobil yang bisa kalian praktekan dengan mudah. Tentu ada banyak cara merawat ac mobil sendiri secara berkala. Mungkin kalau berbicara masalah merawat ac mobil. Rasanya ada beberapa mobil yang terkadang sering terjadi masalah terhadap AC nya. Seperti mobil Avanza, lalu ada mobil Xenia dan ada juga mobil Panther. Tentu dengan adanya perawatan ac mobil bisa membuat fungsi tombol ac mobil bisa berjalan dengan lancar dan tanpa halangan suatu apapun. Mungkin inilah yang bisa kami sampaikan untuk memberikan informasi mengenai cara merawat ac mobil. Semoga saja bisa membantu dan bisa bermanfaat di kemudian hari.



[ad_2]

Source link

Komentar