Bagaimana cara pasang talang air mobil?

8 Cara Mencuci Motor Matic Maupun Kopling Sampai Bersih

[ad_1]

Cara Mencuci Motor – Tahukah kalian bahwa di Indonesia sendiri terdapat musim penghujan setiap tahunnya. Musim penghujan ini ada pada periode bulan Oktober hingga Maret. Tentu saja bagi pengguna mobil maupun motor seringkali saat di perjalanan kehujanan. Kondisi motor yang sebelumnya bersih kemudian terkena hujan dan cipratan lumpur membuat motor menjadi kotor.

Banyak tempat cuci motor yang merasa ketiban rejeki di musim penghujan karena banyak konsumen yang datang untuk mencuci motor. Sayangnya hal ini membuat kondisi keuangan cukup terkuras. Jika hampir setiap hari hujan, maka kondisi jalanan menjadi basah dan mengakibatkan kendaraan yang lewat menyipratkan lumpur dimana – mana.

Oleh karena itu kalian harus bisa menguasai cara mencuci motor sendiri supaya tidak bolak balik ke tempat cuci kendaraan. Hal ini juga bisa mengurangi pengeluaran yang cukup signifikan. Baik motor matic maupun motor kopling seperti yamaha vixion, ninja hingga honda cbr. Nah, berikut cara mencuci motor yang bisa kalian praktekan sendiri.

1. Siapkan Peralatan Cuci Motor

cara mencuci motor

Pertama – tama sebelum mencuci motor, kalian harus menyiapkan semua perlengkapannya dulu nih. Mulai dari ember, selang, sabun khusus cuci kendaraan, kain lap hingga sikat atau kuas untuk menggosok sela – sela motor. Setelah dirasa semua peralatan sudah lengkap, langkah selanjutnya adalah memilih waktu yang tepat untuk mencuci motor.

2. Pilih Waktu Yang Tepat Saat Mencuci Motor

cara mencuci motor

Sebaiknya jika kalian ingin mencuci kendaraan, lebih baik pilih waktu yang pas saat mencuci motor. Bisa di pagi hari atau sore hari, karena waktu tersebut sinar matahari tidak terlalu panas. Bila kalian ingin mencuci motor di siang hari, usahakan cuci motor di tempat yang teduh. Hal ini untuk menghindari sengatan sinar matahari secara langsung yang bisa membuat sabun cepat kering dan mudah berjamur. Lalu langkah selanjutnya adalan proses mencuci motor.

3. Siram Seluruh Bagian Motor Dengan Air Besih

 

cara mencuci motor

Dimulai dari menyiram seluruh bodi kendaraan supaya saat menyikat dengan sabun bisa mudah mengangkat kotoran. Siram seluruh bodi motor dengan air bersih dari selang yang mengalir. Supaya debu maupun kotoran bisa hilang saat air mengalir ke bawah. Setelah semua bodi kendaraan sudah disiram dengan air bersih. Selanjutnya adalah menyiapkan air yang sudah dicampur sabun dengan perbandingan 1 bungkus sabun cuci motor dituangkan pada ember yang berisi seperempat air. Oh iya, sebaiknya gunakan sabun cuci khusus motor yang banyak dijual di warung. Tanya saja yang jual kalau mau beli sabun cuci motor kit. Kalau penjualnya salah tangkep nanti malah dikasih sabun transparan adev natural. Kan jadi rada dimana gitu yak.

4. Bersihkan Bagian Bawah Motor Dengan Sabun

cara mencuci motor

Inget ya pake sabun khusus buat cuci motor merek kit. Setelah air dan sabun tadi sudah dicampur. Kalian bisa langsung memulai menggosok motor kalian mulai dari bawah, seperti blok mesin,roda, rem, spakbor, rantai, shockbreaker hingga knalpot. Cek satu per satu bagian tersebut apakah terkena cipratan lumpur atau tidak. Biasanya, bagian yang paling sering terkena lumpur adalah bagian spakbor motor. Fokus bersihkan bagian tersebut terlebih dahulu. Sebenarnya cara mencuci motor yang benar dimulai dari bawah dulu. Setelah bagian bawah motor dirasa sudah bersih, saatnya lanjut mencuci bagian atas sepeda motor.

5. Lalu Bersihkan Bagian Atas Motor

cara mencuci motor

Gosok bagian atas sepeda motor yang meliputi jok, bodi motor, rem tangan, kopling kalaupun bukan motor matic. Jika sabun yang digunakan untuk mencuci bagian bawah motor tadi sudah kotor. Sebaiknya ganti saja dengan yang bersih. Lalu sikat seluruh bagian atas motor dengan kain lap yang halus.

6. Bilas Dengan Air Bersih

cara mencuci motor

Setelah semua bagian motor sudah digosok dengan sabun hingga kotorannya terangkat. Langkah selanjutnya yaitu bilas semua bagian sepeda motor hingga sabun dan kotoran hilang. Mulai dari bawah terlebih dahulu lalu lanjut ke bagian atas sepeda motor.

7. Keringkan Motor Dengan Kain Lap Bersih

cara mencuci motor

Jika semua bagian motor sudah dibilas hingga bersih. Kemudian selanjutnya adalag proses mengeringkan motor. Siapkan kain lap yang kering dan bersih supaya saat proses pengeringan bisa sempurna. Sebaiknya mulai keringkan bagian – bagian terpenting seperti blok mesin, knalpot, rantai hingga sela – sela bagian sepeda motor. Lalu yang terakhir keringkan bodi motor.

8. Semir Ban Supaya Terlihat Mengkilap

cara mencuci motor

Supaya lebih terlihat sempurna, sebaiknya ban sepeda motor juga ikut disemir. Hal ini bisa kalian lakukan jika ingin terlihat sepeda motor kelihatan seperti baru. Langkah terakhir ini merupakan langkah tidak wajib bagi kalian yang sudah selesai mencuci motor matic maupun yang bukan matic.

Jadi gimana? Mudah kan kalau cuman mencuci motor sendiri di rumah. Kalian tidak usah repot – repot datang ke tempat cuci kendaraan. Karena cara mencuci motor yang sudah dijelaskan diatas sangat terbukti dilakukan oleh jasa cuci motor. Mungkin itu saja yang bisa disampaikan, jika kalian ada tips mencuci motor yang lebih bersih lagi. Kalian bisa menuliskannya di kolom komentar untuk bisa diperbarui tulisan ini. Terima kasih.



[ad_2]

Source link

Komentar