Konstruksi Blok Mesin dan Fungsinya

Posted by Widy Anata Tuesday, 26 August 2014 5 comments
blok mesin

Konstruksi Blok Mesin atau Engine


Menurut saya engine / mesin adalah satu kesatuan komponen yang sudah terpasang secara baik dan benar dan menjadi satu kesatuan yang dapat menggerakan suatu kendaraan.
Sacar umum komponen utama engine ada tiga yaitu :
  • Kepala silinder
  • Blok
  • Ruang carter / ruang oli
    ( pelengkap : gasket / paking


Kepala silinder

Kepala silinder adalah komponen utama mesin yang ditempatkan di atas mesin
Fungsinya :
    kepala silinderkepala silinder
  • Penutup blok silinder
  • Penempatan kelengkapan motor :
Kepala silinder terbuat dari besi tuang, tapi sekarang banyak yang di buat dari paduan aluminium karena memiliki kemampuan pendinginan yang lebih besar. Kepala silinder ada yang terbuat terpisah ( satu kepala silinder untuk setiap kepala silinder ) dan ada juga yang dibuat satu kesatuan.


Blok Mesin

Blok adalah tempat untuk silinder, saluran pendingin mesin, dan piston. Blok juga merupakan tempat untuk piston melakukan langkah kerjanya yaitu
    blok silinder
  • LANGKAH HISAP :
    yaitu langkah dimana saat katup masuk terbuka dan  piston bergerak ke bawah atau dari TMA ke TMB menghisap campuran udara dan bahan bakar dari karburator ( pada mesin bensin ), atau udara saja ( pada mesin diesel / mesin EFI )
  • KOMPRESI
    yaitu saat kedua katup tertutup dan piston bergerak ke atas atau dari TMB ke TMAmemampatkan campuran udara dan bahan bakar ( mesin bensin ), hanya udara ( mesin diesel / mesin EFI )
  • USAHA
    yaitu saat kedua katup masih tertutup, torak atau piston hampir sampai ke TMA busi memercikan bunga api ( mesin diesel : injektor mengkabutkan bahan bakar solar ) sehingga terjadi ledakan yang mengakibatkan piston terdorong ke TMB.
  • BUANG
    yaitu saat katup terbuang piston kembali bergerak ke TMA mendorong gas sisa pembakaran ke katup buang.
TMA : Titik Mati Atas
TMB : Titik Mati Bawah

bak oli /ruang carterRuang carter/ ruang oli

Sesuai namanya tentu saja adalah tempat untuk  menampung oli mesin dan pompa oli mensirkulasi oli mesin.  Selain itu, di ruang carter juga sebagai tempat crankshaft beroperasi.



Gasket / paking berada di antara sambungan mesin yang berfungsi untuk mencegah kebocoran pada mesin.






Mobil tidak hanya terdiri dari mesin,mesin hanyalah sumber tenaga dari mobil, mobil tidak akan bisa berjalan tanpa komponen pendukung yang lain seperti komponen pemindah tenaga, sistem pengapian, sistem bahan bakar, sistem starter, dan masih banyak yang lain. Disini saya akan berusaha membahasnya satu persatu, dimulai dari mesin yang sudah di bahas di atas, selanjutnya adalah sistem pemindah tenaga >>>

Lihat juga :

Artikel konstruksi blok mesin dan fungsinya ini bersumber dari buku catatan, wikipedia.com, dan lain lain.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Konstruksi Blok Mesin dan Fungsinya
Ditulis oleh Widy Anata
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://dunia-otomotif-mobil.blogspot.com/2013/04/konstruksi-dan-komponen-blok-mesin-dan-fungsi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

5 comments:

Post a Comment

FULL SCREEN BROWSER press F11, biar lega, hahahaha
Template by Cara Membuat Email | Copyright of Teknik Otomotif .