Fungsi dan Komponen poros engkol ( crankshaft )

Posted by Widy Anata Tuesday, 26 August 2014 2 comments

Fungsi poros engkol (crank shaft )

Fungsi poros engkol adalah mengubah gerak naik turun atau lurus piston menjadi gerak putar.  Poros engkol adalah salah satu komponen penting suatu mesin, selain merubah gerak bolak balik piston menjadi gerak putar, poros engkol juga menerima beban dan tekanan yang sangat tinggi dari hasil pembakaran oleh piston untuk itu poros engkol haruslah terbuat dari bahan yang sangat kuat dan tahan lama. Poros engkol atau crankshaft terbuat dari baja karbon tinggi. Poros engkol terletak diantara blok silinder dan bak oli yang terhubung langsung dengan roda gila dan batang torak. Putaran dari poros engkol diteruskan ke roda gila dan selanjutnya kopling yang akan memegang kendali, apakah putaran akan di sambungkan atau di putuskan ke transmisi.
poros engkol


Bentuk dan konstruksi poros engkol ditentukan oleh banyaknya silinder dan urutan pengapian atau firing order ( FO ) dan faktor yang harus diperhatikan adalah getaran akibat proses pembakaran di dalam silinder.

macam-macam poros engkolkomponen CrankShaft atau poros Engkol :

  • crank pin
  • crank journal
  • crank arm
  • crankshaft bearing / lager
  • balance weight
  • lubang oli
komponen poros engkol








Baca juga : konstruksi blok dan fungsinya

Artikel tentang poros engkol ini menurut saya belum lengkap di karenakan sangat susah untuk mencari referensi tentang poros engkol ini, jadi saya mohon maaf jika informasinya kurang lengkap.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Fungsi dan Komponen poros engkol ( crankshaft )
Ditulis oleh Widy Anata
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://dunia-otomotif-mobil.blogspot.com/2013/04/fungsi-dan-komponen-poros-engkol.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 comments:

Post a Comment

FULL SCREEN BROWSER press F11, biar lega, hahahaha
Template by Cara Membuat Email | Copyright of Teknik Otomotif .