Bagaimana cara pasang talang air mobil?

Fungsi dan Komponen poros engkol ( crankshaft )

Fungsi poros engkol (crank shaft )

Fungsi poros engkol adalah mengubah gerak naik turun atau lurus piston menjadi gerak putar.  Poros engkol adalah salah satu komponen penting suatu mesin, selain merubah gerak bolak balik piston menjadi gerak putar, poros engkol juga menerima beban dan tekanan yang sangat tinggi dari hasil pembakaran oleh piston untuk itu poros engkol haruslah terbuat dari bahan yang sangat kuat dan tahan lama. Poros engkol atau crankshaft terbuat dari baja karbon tinggi. Poros engkol terletak diantara blok silinder dan bak oli yang terhubung langsung dengan roda gila dan batang torak. Putaran dari poros engkol diteruskan ke roda gila dan selanjutnya kopling yang akan memegang kendali, apakah putaran akan di sambungkan atau di putuskan ke transmisi.
poros engkol


Bentuk dan konstruksi poros engkol ditentukan oleh banyaknya silinder dan urutan pengapian atau firing order ( FO ) dan faktor yang harus diperhatikan adalah getaran akibat proses pembakaran di dalam silinder.

macam-macam poros engkolkomponen CrankShaft atau poros Engkol :

  • crank pin
  • crank journal
  • crank arm
  • crankshaft bearing / lager
  • balance weight
  • lubang oli
komponen poros engkol








Baca juga : konstruksi blok dan fungsinya

Artikel tentang poros engkol ini menurut saya belum lengkap di karenakan sangat susah untuk mencari referensi tentang poros engkol ini, jadi saya mohon maaf jika informasinya kurang lengkap.

Komentar

  1. Salam kenal sob, setelah menemukan blog ini ternyata artikelnya bagus bagus. Pas banget buat brother yang lg belajar montir motor / mobil. Ulasannya tekniknya gampang dicerna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga,, wahh malu di bilang bagus, masih banyak yang kurang lengkap soalnya :-s , harap di kritik kalau ada kesalahan biar nanti saya perbaiki. terima kasih telah berkunjung

      Hapus

Posting Komentar