Filled Under: ,

Fungsi Piston, poros engkol, dan mekanisme katup

Berikut ini adalah fungsi piston, poros engkol, dan mekanisme katup
Berikut adalah penjelasan dari sub bagian mesin yaitu :
  • Busi
  • Piston
  • Mekanisme penggerak katup
  • Saluran Masuk dan Buang
  • Water Jacket
Busi
Busi atau spark plug berfungsi untuk memercikan bunga api listrik yang menyebabkan terjadinya pembakaran pada mesin. Busi pada mesin diesel tidak digunakan untuk memercikan bunga api tetapi hanya memanaskan suhu pada ruang bakar. Hak paten untuk busi diberikan secara terpisah kepada Nikola Tesla, Richard Simms, dan Robert Bosch. Karl Benz juga merupakan salah satu yang dianggap sebagai perancang busi.

Piston
piston pada mesin pembakaran dalam  digunakan untuk melakukan langkah kerja yaitu langkah hisap, kompresi, usaha, dan buang. Piston bergerak didalam silinder secara naik turun, gerakan naik turun ini diubah menjadi gerak putar oleh crankshaft, piston ini dihubungkan ke crankshaft oleh batang piston dan pena torak. Karena piston bekerja pada tekanan tinggi, maka piston dibuat dari campuran aluminium, piston juga dilengkapi dengan cincin/ ring kompresi dan ring oli, cincin ini tetap dan mengikuti gerakan piston, fungsi dari ring piston adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran oli atau dan kebocoran kompresi.


Fungsi, konstruksi dan bahan
Salah satu komponen penting yang berfungsi untuk :
  • Penerima tenaga pembakaran
  • Meneruskan tenaga pembakaran
  • Membawa cincin torak sebagai pengikat dan menyapu dinding silinder.
Proses kerja torak/ piston adalah bergerak secara translasi didalam silindr untuk ,melakukan langkah hisap, kompresi ,usaha dan buang. Juga dilengkapi dengan cincin torak yang terdiri dari cincin oli dan cincin kompresi yang terletak di bag. Atas torak. Torak dihubungkan ke crank journal oleh batang torak yg terhubung ke torak melalui pena torak. Torak terbuat dari paduan aluminium. Sehingga torak jadi lebih ringan tapi sensitive thd pemuaian, jadi lebih sering digunakan pada motor bensin. Sedangkan untuk motor diesel terbuat dari besi tuang kelabu.
Dari bentuknya torak dibdakan menjadi tiga yaitu, torak berkepala cekung , tidak beraturan (ireguler head ) dan kepala rata.
Celah antara torak dan silinder secar umum adalah 0,02-0,05 mm, bila terlalu kecil torak akan bergesekan dgn dinding silinder dan mengakibatkan kerusakan, sbaliknya jika terlalu besar akan terjadi kebocoran ke ruang engkol hal ini disebut dengan blow by.


Crankshaft atau poros engkol
Poros engkol berfungsi untuk mengubah gerak bolak-balik dari piston menjadi gerak putar. Poros engkol terhubung dengan roda gila atau fly wheel, fly wheel berguna untuk menstabilkan putaran dan menyeimbangkan putaran.


Mekanisme penggerak katup
Identifikasi
Mekanisme penggerak katup adalah seluruh komponen yang bekerja mengerakan katup membuka atau menutup .

Komponen tsb adalah :
  • Poros bubungan
  • Pengangkat ( lifter)
  • Pendorong ( push rod )
  • Lengan penekan ( rocker arm )
  • Pegas (spring )

Komponen tsb adalah yang sering digunakan pada mesin ohv (overhead valve ). Komponen penggerak katup juga dipengaruhi oleh tata letak katup pada engine, maka dikenal susunan katup dikepala dan katup di sisi ataupun penggabungan dari keduanya. Dari penempatan katup dan mekanisme penggeraknya dikenal dengan sebutan katup dikepala ohv ( overhead valve ) dan poros bubungan di kepala overhead camshaft ( ohc ).

Ohv ( overhead valve )
Proses mekanisme katupnya dimulai dari proses bubungan yang ditempatkan pada blok motor, kenudian bubungan/ cam menggerakan pengangkat/lifter, batang pendorong, lengan pendorong dan katup, serta pegas katup.
Cara kerja :
-. Apabila poros engkol berputar 2x maka poros bubungan bergerak 1x, kemudian lifter mengankat push rod, rocker arm terdorong menekan batang katup dan katup menjadi terbuka. Saat lifter sudah turun maka seluruh komponen tadi ikut turun dan katup kembali tertutup yang dibantu oleh pegas pengembali/ spring.
Jenis poros bubungan di kepala ( overhead camshaft )
Tipe ini poros bubungannya berada di atas kepala silinder dan langsung berhubungn dengan katup tanpa memerlukan pengankat dan lengan penekan.



 Jenis poros bubungan di kepala ( overhead camshaft )
Tipe ini poros bubungannya berada di atas kepala silinder dan langsung berhubungn dengan katup tanpa memerlukan pengankat dan lengan penekan.

Saluran Air Pendingin atau Water jacket
Water jacket merupakan saluran dimana cairan pendingin bersirkulasi mendinginkan mesin, coolant hanya akan bersirkulasi jika temperatur mesin sudah tinggi melewati batas suhu pembakaran.Waktu coolant bersirkulasi diatur oleh termostat.

Demikian artikel tentang fungsi piston, poros engkol, dan mekanisme katup, semoga bisa membantu. Mohon kritik dan sarannya.

Written by

Terima Kasih telah membaca Teknik Otomotif : Fungsi Piston, poros engkol, dan mekanisme katup , Semoga bermanfaat

© 2013 iPRESS. All rights resevered. Designed by Templateism