Pengertian MOTOR

Pengertian MOTOR ,

di Indonesia, motor lebih sering diasumsikan ke sepeda motor padahal motor tidak hanya digunakan pada sepeda motor saja, ada motor starter, motor listrik, termasuk saraf motorik ( walaupun tidak ada hubungannya, tetapi ini akan membantu dalam mengartikan motor ). Jadi sebenarnya apa arti dari motor itu sendiri, kalau melihat saraf motorik pasti kita tahu apa itu saraf motorik, saraf motorik adalah saraf yang berfungsi untuk menggerakan anggota badan kita. Motor adalah alat yang digunakan untuk menggerakan suatu benda atau kendaraan agar bisa bergerak atau beroperasi. Pada sepeda motor, motor bekerja dengan tenaga pembakaran, sedangkan pada motor starter memanfaatkan aliran listrik.


Pada motor yang memanfaatkan tenaga pembakaran bahan bakar mempunyai dua tipe yaitu, motor dua ( 2 ) tak dan motor empat tak. 

1. Motor 2 tak :
Adalah motor yang dalam satu siklus langkah kerjanya ( langkah hisap, kompresi, usaha, dan buang ) membutuhkan satu kali ( 1x ) putaran poros engkol atau dalam satu langkah kerja torak hanya bergerak naik dan turun sekali saja, yang berarti saat piston bergerak turun / dari TMA ke TMB piston melakukan dua  langkahsekaligus.
cara kerja motor 2 tak

Cara kerja Motor 2 tak :
Saat piston bergerak dari TMB ke TMA / kompresi, saluran masuk yang ada di bawah piston terbuka dan campuran udara dan bahan bakar masuk ke bawah piston / ruang engkol ( langkah hisap ), saat piston turun ( langkah usaha ), saluran masuk yang ada di atas piston terbuka dan campuran udara dan bahan bakar
tertekan oleh piston sehingga bahan bakar bergerak masuk ke silinder melalui saluran masuk yang ada di atas piston. Disaat yang bersamaan gas sisa pembakaran keluar melalui saluran buang ( langkah buang ).

Ciri-ciri Motor 2 tak :

Ciri dari luar :
  • Suara keras atau nyaring
  • Knalpotnya berasap lebih banyak
  • Lebih boros bahan bakar ( tenaga lebih besar )
  • Digunakan pada motor tua, walaupun masih ada yang baru yaitu motor ninja ( yamaha )

Ciri dari dalam :
  • Tiidak menggunakan sistem katup
  • Menggunakan Oli samping


2. Motor empat ( 4 ) tak
motor empat tak adalah motor yang dalam satu siklus langkah kerja membutuhkan 2 putaran poros engkol, berbanding terbalik dengan motor 2 tak. Pada motor 4 tak Setiap satu langkah piston membutuhkan setengah putaran poros engkol.
cara kerja motor empat tak

Cara Kerja :
  • Langkah Hisap, saat piston bergerak turun dari TMA ke TMB, katup masuk terbuka dan katup buang tertutup, campuran udara dan bahan bakar ( mesin diesel : hanya udara yang dihisap ) terhisap ke dalam silinder.
  • Langkah Kompresi, piston bergerak dari TMB ke TMA memampatkan campuran udara dan bahan bakar, semua katup dalam keadaan tertutup.
  • Langkah Usaha, 10 derajat sebelum piston mencapai TMA busi memercikan bunga api listrik yang menyebabkan campuran udara dan bahan bakar terbakar dan meledak menyebabkan piston terdorong ke bawah dan terjadilah langkah usaha.
  • Langkah Buang, piston bergerak dari TMB ke TMA menekan gas sisa pembakaran keluar melalui katup buang, katup masuk dalam keadaan tertutup.

Ciri-ciri motor empat tak :
  • Suara lebih halus
  • Emisi yang dikeluarkan lebih ramah lingkungan
  • Lebih irit bahan bakar
  • Pada umumnya di guanakan pada motor modern
  • Menggunakan sistem katup

baca juga : mesin pembakaran dalam

Mohon maaf jika artikel diatas kurang lengkap dan berkenan, artikel tentang motor ini saya tulis berdasarkan berbagai sumber dan sebagian adalah persepsi dari saya sendiri.
Jika bermanfaat tolong di like, agar lebih banyak orang yang tahu.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

 

© 2013 Teknik Otomotif . All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top