Bagaimana cara pasang talang air mobil?

Fungsi Ruang Bakar, combustion chamber

Fungsi ruang bakar


Ruang bakar terletak di kepala silinder yang berfungsi sebagai tempat pembakran campuran bahan bakar dengan udara yang telah di kompresikan oleh torak didalam silinder. Ruang bakar sendiri terletak di kepala silinder.
Ruang bakar terhubung langsung ke katup masuk dan katup buang, juga tempat pemasangan busi. Oleh karena itu bentuk ruang bakar sangat dipengaruhi oleh komponen tersebut dan pada umumnya bentuk pada motor bensin adalah sebagai berikut :

Ruang bakar model setengah bulat (hemispherical  combustion chamber )

Ruang bakar model ini mempunyai kelebihan dibandingkan model lain. Model ini mempunyai permukaan yang lebih kecil apabila di bandingkan dengan model lain yang sama kapasitasnya. Hal ini menguntungkan karena panas yang hilang atau efisiens panas yang hassilkan lebuh besar. Maka efisiensi pemasukan dan pemasukan akan lebih tinggi. Dalam segi konstruksi model ini lebih sempurna, tapi penempatan mekanisme katubnya lebih rumit.


Ruang bakar model baji ( wedge type combustion chamber )

Ruang bakar model ini adalah salah satu model yang popular karena kehilangan panasnya lebih kecil. Mekanisme katup yang akan ditempatkan dapat dbuat dengan konstruksi yang lebih sederhana di banding dengan model setengah bulat.


Ruang bakar model bak mandi ( bath up type combustion chamber )

Model ini konstruksinya lebih sederhana sehingga biaya produksi nya lebih murah. Diameter katup yang digunakan lebih kecil. Tetapi proses exhaust dan intake menjadi kurang dfisien di banding model setengah bulat.


Ruang bakar model pent roof

Model ini pada umuumnya digunakan pada mesin yang jumlah katupnya lebih dari 2 untuk setiap silinder. Model ini akan memberikan efek semburan yang lebih baik  sehingga proses pembakaran akan lebih cepat dan penempatan busi berada di tengah ruang bakar.

 Baca juga : Mekanisme Penggerak katup

Demikian artikel tentang Ruang bakar, semoga membantu


Komentar