Bagaimana cara pasang talang air mobil?

Rangkaian lampu sein dan hazard di mobil

[ad_1]




Untuk membantu pengemudi, peran lampu sein dan lampu hazard menjadi bagian penting yang wajib berfungsi saat berkendara. Lampu sein merupakan lampu peringatan dan tanda bagi pengguna jalan lainnya yang menunjukkan bahwa kendaraan yang kita gunakan akan berbelok atau berpindah jalur.

Jika saklar lampu sein digeser ke kanan, maka hanya lampu sein sisi kanan depan dan belakang saja yang menyala dan berkedip, dan jika saklar digeser ke kiri, maka lampu sein kiri depan dan belakang saja yang akan menyala dan berkedip

Sedangkan untuk lampu hazard, jika saklar lampu hazard ditekan, maka seluruh lampu sein akan menyala dan berkedip secara bersamaan. Lampu hazard ini berfungsi sebagai tanda bahwa mobil yang kita gunakan dalam posisi darurat seperti misalnya mogok atau sedang jalan perlahan akibat kondisi mesin yang bermasalah.

Rangkaian lampu sein dan hazard di mobil

Dengan cara mengaktifkan kedua lampu-lampu tersebut, maka pengguna jalan lainnya bisa mengetahui kondisi kendaraan kita dan segera mengantisipasi posisi kendaraannya sehingga terhindar dari kecelakaan.

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi terkait rangkaian lampu sein dan hazard pada mobil berikut fungsi, komponen, dan cara kerjanya. Simak infonya dibawah berikut ini

Komponen rangkaian lampu sein dan hazard mobil


Rangkaian lampu sein dan hazard terdiri dari beberapa komponen penting, selain wiring dan saklar, dalam rangkaian ini terdapat komponen penting yang berfungsi untuk membuat lampu berkedip-kedip. Apa saja komponennya? Berikut komponen rangkaian lampu sein dan hazard pada mobil
rangkaian lampu sein dan hazard
  1. Baterai : Berfungsi sebagai penyedia arus listrik bagi seluruh rangkaian lampu sein dan lampu hazard.

  2. Kunci kontak : Berfungsi sebagai saklar penghubung antara baterai dengan rangkaian lampu sein

  3. Fuse sein dan fuse hazard : Berfungsi sebagai pengaman rangkaian lampu sein dan hazard

  4. Saklar : Berfungsi sebagai tempat memutus atau menghubungkan arus listrik (saklar) pada rangkaian lampu sein dan hazard

  5. Flasher : Berfungsi agar lampu-lampu sein dan hazard bisa berkedip-kedip

  6. ITR dan ITL : Merupakan lampu indikator lampu sein dan hazard di panel dashboard pengemudi

  7. Lampu sein kanan dan kiri : lampu yang akan menyala sesuai dengan pilihan saklar pada rangkaian lampu sein dan hazard

Cara kerja dan rangkaian lampu sein


Secara garis besar, lampu sein memiliki cara kerja yang sama seperti rangkaian kelistrikan lampu di mobil lainnya, namun karena adanya komponen flasher pada rangkaian lampu sein ini maka lampu sein akan berkedip-kedip ketika bekerja.

Perhatikan pada gambar rangkaian lampu sein dibawah berikut yang akan menunjukkan aliran listrik dari baterai menuju lampu sein kanan depan dan belakang.

cara kerja rangkaian lampu sein kanan

Pada gambar diatas, aliran listrik akan mengalir dari baterai menuju kunci kontak kemudian ke fuse sein lalu menuju ke saklar terminal B1. Arus listrik kemudian mengalir menuju F2 flasher lalu keluar menuju ke terminal F1.

Karena saklar yang terhubung adalah saklar sein kanan, maka aliran listrik akan mengalir dari terminal F1 menuju terminal TR lalu ke lampu sein kanan depan dan lampu sein kanan belakang. Dengan begitu, maka lampu sein kanan depan dan belakang akan menyala dan berkedip bersamaan.

Selain itu, lampu indikator sein kanan (ITR) pada panel dashboard juga akan menyala berkedip.

Perlu diperhatikan bahwa untuk menyalakan lampu sein ini, selain menggeser saklar sein ke kanan atau kekiri, kita juga perlu memutar kunci kontak mobil pada posisi ON. Tanpa memindahkan kunci kontak ke posisi ON, maka lampu sein tidak akan menyala dan berkedip.

Aliran arus listrik pada rangkaian lampu sein diatas juga memiliki alur yang sama untuk lampu sein kiri depan dan belakang, yang berbeda hanya pada saklar seinnya saja yang digeser ke sisi kiri.

Baca juga :

Cara kerja dan rangkaian lampu hazard


Lampu hazard akan menyalakan semua lampu sein kiri kanan dan depan belakang. Ya, jika saklar lampu hazard diaktifkan, maka seluruh lampu sein yang ada di keempat sudut mobil ini akan menyala dan berkedip. Untuk lebih jelasnya perhatikan pada gambar cara kerja rangkaian lampu hazard mobil dibawah ini
cara kerja rangkaian lampu hazard

Pada rangkaian lampu hazard mobil diatas bisa kita lihat bahwa arus listrik akan mengalir dari baterai menuju ke fuse hazard lalu ke terminal B2 (sebagai saklar lampu hazad). Dari terminal B2 ini, arus listrik kemudian menuju ke F2 lalu ke Flasher dan keluar menuju terminal F1.

Karena saklar hazard diaktifkan, maka kedua saklar yang menghubungkan terminal TR dan TL akan saling terhubung. Dengan begitu, maka arus listrik akan mengalir dari terminal F1 menuju ke terminal TL dan TR secara bersamaan. Akibatnya seluruh lampu sein akan menyala dan berkedip berikut dengan lampu indikator yang ada di panel dashboard

Khusus lampu hazard, karena lampu ini digunakan untuk kondisi darurat, maka lampu ini tidak melewati kunci kontak. Rangkaian lampu hazard harus dipasang langsung dari baterai. Dengan begitu, cukup dengan menekan saklar lampu hazard saja (tanpa meng-ON-kan kunci kontak), maka lampu hazard sudah bisa menyala dan berkedip.

Demikianlah artikel tentang rangkaian lampu sein dan hazard mobil, fungsi, komponen, serta cara kerjanya bisa ombro sampaikan semoga bermanfaat.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Teori-Otomotif



[ad_2]

Source link

Komentar