Bagaimana cara pasang talang air mobil?

Cara setel klep mobil colt t120ss Injeksi

[ad_1]




Setel klep mobil t120ss sebaiknya selalu dilakukan secara rutin, setidaknya lakukan saat melakukan tune up mesin. Penyetelan celah klep ini selain untuk mengembalikan performa kerja mesin juga dapat menghindari suara berisik yang cukup mengganggu apabila celah klep terlalu renggang.

Untuk menyetel klep mobil t120ss ini sebenarnya tidak terlau sulit namun tetap diperlukan ketelitian dan kehatian-hatian dalam mengerjakannya.

cara stel klep mobil t120ss

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui bagaimana cara setel klep mobil t120ss ini, berikut akan ombro sampaikan bagaimana cara setel klep mobil t120ss berikut dengan ukuran celah klep t120ss saat mesin dingin dan saat mesin panas. Simak cara setel klep t120ss dibawah berikut ini

Ukuran celah klep t120ss injeksi


Berikut adalah ukuran celah klep mitsubishi colt t120ss injeksi pada klep intake ataupun ekshaust
Valve / Klep T120ss Kondisi mesin panas Kondisi mesin dingin
INTAKE 0,20 mm 0,09 mm
EXHAUST 0,25 mm 0,17 mm

Untuk penyetelan yang paling baik usahakan untuk menyetel klep mobil T120ss ini saat suhu kerja mesin (dalam kondisi mesin panas). Memang sedikit merepotkan, namun hasil terbaik akan didapatkan karena penyetelan dilakukan sesuai dengan kondisi kerja mesin.

Posisi Top 1 dan top 4 colt t120ss injeksi


Setelah mengetahui ukuran celah klep mitsubishi colt t120ss, langkan selanjutnya adalah mengetahui posisi Top 1 dan Top 4 pada mesin t120ss ini. Penyetelan celah klep dilakukan pada dua posisi top ini yaitu posisi Top1 dan Top 4.

Putarlah baut 19 pada pulley crankshaft hingga tanda marking top pada pulley bertemu dengan tanda marking pada cover timing belt seperti pada gambar dibawah berikut

Cara setel klep colt t120ss 1

Jika sobat kesulitan melihat tanda top pada bagian depan pulley crankshaft, sobat juga dapat melihat tanda top crankshaft dari lubang bak kopling transmisi. Buka pada bagian karet penutup, kemudian putar crankshaft hingga terlihat tanda top seperti pada gambar dibawah ini.
tanda top pada crankshaft t120ss

Dan untuk mengetahui posisi top 1 atau top 4 , langkah selanjutnya adalah memeriksa klep yang bisa digerakkan oleh tangan. Klep yang bisa digerakkan oleh tangan, menandakan bahwa klep tersebut bisa di setel ukuran celah klepnya. Perhatikan pada gambar dibawah berikut
cara stel klep t120ss 2
  • Posisi Top 1 akan didapatkan jika klep intake no 1 dan 2 serta klep exhaust no 5 dan 7 bisa di gerak-gerakkan oleh tangan.

  • Posisi Top 4 akan didapatkan jika klep intake no 3 dan 4 serta klep exhaust no 6 dan 8 bisa di gerak-gerakkan oleh tangan


Baca juga :

Cara setel klep mitsubishi colt t120ss injeksi


Setelah kita memahami ukuran celah klep t120ss injeksi berikut posisi top 1 dan posisi top 4 di mesin, langkah selanjutnya adalah langkah-langka cara menyetel klep mobil t120ss, berikut caranya :
  1. Panaskan mesin hingga suhu kerja normal (80-90derajat celcius). Ya, penyetelan klep t120ss ini memang harus dilakukan saat suhu mesin panas agar penyetelan yang dilakukan bisa sesuai dengan kondisi kerja mesin.

  2. Lepas seluruh kabel busi untuk mempermudah penyetelan celah klep

  3. Lepas tutup kepala silinder head beserta selang PCV

  4. Luruskan tanda timing pada pulley crankshaft (putar crankshaft pulley selalu ke arah kanan- searah putaran jarum jam)

  5. Periksa dan tentukan posisi Top 1 atau Top 4 seperti yang sudah dijelaskan di atas

  6. Ukur celah klep (valve clearance) posisi Top 1 seperti pada gambar dibawah ini
    cara stel klep t120ss 3

  7. Gunakan thickness gauge (filler) dengan ukuran 0.20 mm untuk klep intake dan 0.25 mm untuk klep exhauts, kemudian masukkan diantara klep dengan pelatuk klep (rocker arm).

    Jika ukuran celah klep diluar nilai standard, kendurkan lock nut di rocker arm dan setel kembali dengan memutar adjusting screw sambil menggunakan thickness gauge untuk mengukur celah klep. Sambil mengencangkan adjusting screw, tarik perlahan thickness gauge hingga terasa seret saat ditarik.

    cara stel klep t120ss 5
    Ingat :
    Adjusting screw = sekrup untuk menyetel celah klep : putar ke kanan celah rapat, putar kekiri celah merenggang
    Lock Nut = mur pengancing adjusting screw. Kendorkan mur ini untuk menyetel celah klep, kencangkan untuk mengunci posisi screw.

  8. Setelah penyetelan celah klep cukup dan sesuai ukuran standard, kencangkan lock nut sambil menahan adjusting screw dengan sebuah obeng agar tidak ikut berputar. Lakukan cara yang sama untuk seluruh klep posisi top 1 hingga selesai.

  9. Setelah semua klep pada top 1 selesai, lanjutkan dengan memutar crankshaft pulley 1 kali putaran penuh (360 derajat) searah jarum jam hingga tanda top pada pulley kembali bertemu.
    cara setel klep ty120ss

  10. Ukur celah klep (valve clearance) posisi Top 4 seperti pada gambar dibawah ini
    cara stel klep t120ss 4

  11. Jika ukuran celah klep diluar nilai standard, lakukan cara yang sama seperti pada langkah nomor 6 hingga nomor 8

  12. Setelah semua klep pada top 4 selesai di setel, periksa kembali ke kencangan seluruh lock nut (mur pengunci) yang ada pada masing masing klep.

  13. Pasang kembali tutup kepala silinder dan selang PCV

  14. Pasang kembali kabel busi

  15. Penyetelan celah klep selesai


Catatan :
Lakukan penyetelan celah klep t120ss ini dengan hati-hati karena suhu mesin yang masih panas, ikuti prosedur yang benar dan jika memang dirasa sulit, sebaiknya lakukan penyetelan celah klep t120ss ini pada bengkel yang sobat percaya.

Demikianlah langkah-langkah cara menyetel klep mobil t120ss yang bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Tips-dan-cara



[ad_2]

Source link

Komentar