Bagaimana cara pasang talang air mobil?

Cara mengoper gigi persneling mobil manual

[ad_1]




Ketika kita baru belajar menyetir mobil, ada beberapa hal yang sering membuat kita sedikit khawatir ketika mulai duduk dibelakang kemudi. Beberapa diantaranya adalah penyesuaian feeling terhadap lebar mobil dengan jalan, mengoper gigi saat melaju, mengatur keseimbangan antara pedal gas dan kopling agar mesin mobil tidak mati, dan beberapa hal penting lainnya.

Semua hal itu tentu perlu dipelajari dan dipraktekkan terus menerus, tentunya supaya semakin lancar sehingga kemahiran mengemudi mobil bisa semakin cepat.

Salah satu hal yang sering menjadi kendala bagi para pemula yang baru belajar mengemudi mobil manual adalah cara mengoper gigi persneling mobil manual tersebut.

cara mengoper gigi mobil manual

Ya, ketidak hafalan pengemudi pemula terkait posisi serta cara memindahkan gigi dari gigi satu ke gigi yang lainnya dapat menjadi kendala ketika berlatih mengemudi yang sesungguhnya di jalan raya.

Oleh karena hal tersebut, kali ini kami akan memberikan tips dan cara untuk berlatih mengoper dan memindahkan gigi persneling pada mobil manual

Cara berlatih memindahkan persneling mobil manual


Sebelum anda belajar mengemudi mobil manual langsung dijalan, ada baiknya anda melakukan latihan mengoper gigi terlebih dahulu saat mesin mobil dalam kondisi mati.

Simulasikan perpindahan gigi layaknya Anda sedang mengemudi mobil di jalan raya, mulai dari gigi 1 sampai gigi 5 yang disertai pula dengan menekan pedal kopling pada setiap perpindahannya.

Selain itu, ada tiga hal penting yang harus kita ketahui dan lakukan sebelum mengoper gigi mobil manual

  1. Ambil sikap tenang dan jangan grogi saat mengoper gigi

  2. Selalu injak penuh pedal kopling sekaligus angkat kaki dari pedal gas sebelum mengoper gigi

  3. Pahami dan kenali kondisi masuknya gigi yang benar (posisi tepat biasanya ditandai seperti terasa ada "klek" ditangan)

Setelah kita memahami tiga kondisi penting yang perlu kita kuasai saat mengoper gigi mobil manual, langkah selanjutnya adalah menghafal dan melancarkan cara mengoper gigi pada mobil manual tersebut dengan baik dan benar

Gigi Netral (N)

Gigi netral ini letaknya ada di tengah-tengah. Untuk memastikan posisi gigi netral, anda bisa menggeser tuas persneling ke kanan dan ke kiri secara ringan dan mudah. Selain itu, jika mobil sedang berada pada pada posisi gigi netral, mobil tidak akan berjalan meskipun anda menekan pedal gas sedalam-dalamnya.

Gigi Satu (1)

Gigi 1 terletak di sebelah kiri atas, merupakan gigi terendah namun memiliki torsi terbesar diantara gigi maju lainnya. Untuk masuk ke gigi satu (1), yang perlu anda lakukan adalah
  1. Injak penuh pedal kopling

  2. Geser tuas persneling ke kiri sampai terasa mentok

  3. Dorong ke depan mengikuti arah angka 1

  4. Lepaskan perlahan pedal kopling agar mobil berjalan


Gigi Dua (2)

Gigi 2 posisinya ada di sebelah kiri bawah. Untuk masuk ke gigi Dua (2) dari posisi gigi satu (1), yang perlu anda lakukan adalah
  1. Injak penuh pedal kopling

  2. Tahan tuas persneling agar tetap ada diposisi kiri

  3. Dorong tuas persneling ke arah belakang mengikuti arah angka 2

  4. Lepaskan perlahan pedal kopling agar mobil berjalan


Gigi Tiga (3)

Gigi 3 terletak disisi tengah atas. Untuk masuk ke gigi tiga (3) dari posisi gigi dua (2), yang perlu anda lakukan adalah
  1. Injak penuh pedal kopling

  2. Dorong tuas persneling sedikit kedepan (sedikit saja agar tidak kembali masuk gigi 1)

  3. Geser tuas persneling sedikit ke kanan

  4. Dorong tuas persneling ke depan mengkuti arah angka 3

  5. Lepaskan perlahan pedal kopling agar mobil berjalan


Gigi Empat (4)

Gigi 4 terletak disisi tengah bawah. Untuk masuk ke gigi empat (4) dari posisi gigi tiga (3), yang perlu anda lakukan adalah
  1. Injak penuh pedal kopling

  2. Dorong tuas persneling lurus ke arah belakang menuju angka 4

  3. Lepaskan perlahan pedal kopling agar mobil berjalan


Gigi Lima (5)

Gigi 5 posisinya ada di sebelah kanan atas, merupakan gigi tertinggi dengan torsi terkecil diantara gigi lainnya Untuk masuk ke gigi lima (5) dari posisi gigi empat(4), yang perlu anda lakukan adalah
  1. Injak penuh pedal kopling

  2. Dorong tuas persneling sedikit kedepan (kembali ke posisi tengah)

  3. Geser tuas persneling sedikit ke kanan

  4. Dorong tuas persneling ke depan mengkuti arah angka 5

  5. Lepaskan perlahan pedal kopling agar mobil berjalan


Gigi Mundur (R)

Untuk gigi mundur (R), perlu diketahui bahwa ada 2 model tuas gigi persneling mobil manual yang kami ketahui (dari beberapa model yang ada) terkait letak dan posisi gigi mundur (R), yaitu
  1. Gigi mundur (R) disisi kanan

  2. Gigi mundur (R) disisi Kiri


Model #1 ; Gigi Mundur (R) disisi kanan bawah

Tuas persneling model #1 ini adalah tuas persneling yang letak gigi mundurnya (R) ada di sebelah kanan tepat di bawah gigi 5.
Tuas persneling gigi mundur di bawah gigi 5
Tuas persneling tipe ini umum digunakan dibanyak mobil, contohnya seperti pada mobil avanza dan xenia. Untuk penggunaannya, tidak ada cara yang spesial dan sama seperti memindahkan tuas ke posisi gigi lainnya.

Untuk masuk ke gigi mundur (R) dari posisi gigi netral (N) pada tuas persneling model #1 ini yang perlu anda lakukan adalah

  1. Injak penuh pedal kopling

  2. Geser tuas persneling ke arah kanan hingga terasa mentok

  3. Dorong tuas ke belakang mengikuti arah huruf R

  4. Lepaskan perlahan pedal kopling agar mobil berjalan


Model #2 ; Gigi Mundur (R) disisi kiri atas

Tuas persneling model #2 ini adalah tuas persneling yang letak gigi mundurnya (R) ada di sebelah kiri atas tepat disamping kiri gigi 1.
Tuas persneling gigi mundur di sebelah kiri dekat gigi 1
Tuas persneling model seperti ini ada di beberapa tipe mobil diantaranya seperti Chevrolet Spin dan Chevrolet Spark juga Toyota Sienta.

Untuk masuk ke gigi mundur (R) dari posisi gigi netral (N) pada tuas persneling model #2 ini yang perlu anda lakukan adalah

  1. Injak penuh pedal kopling

  2. Angkat ke atas ring yang ada di bawah Tuas persneling dengan jari telunjuk dan jari tengah

  3. Geser tuas persneling ke arah kiri sambil menahan ring yang sebelumnya ditarik keatas

  4. Dorong tuas ke depan mengikuti arah huruf R

  5. Lepaskan perlahan pedal kopling agar mobil berjalan


Cara memindahkan gigi persneling saat mobil berjalan


Kalau kita sudah lancar mengoper dan memindahkan gigi saat mobil diam, maka langkah selanjutnya yang perlu dipelajari adalah cara untuk memindahkan gigi persneling saat mobil sedang berjalan. Bagaimana caranya ? Simak cara memindahkan gigi saat mobil berjalan seperti dibawah ini.
  1. Biarkan mobil melaju (sebagai contoh saat ini, transmisi berada di gigi 2).

  2. Tekan pedal gas perlahan hingga kecepatan mobil dan rpm mesin bertambah.

  3. Saat putaran rpm mesin berada diangka 2200 rpm (lihat tachometer di dashboard), lepas injakan kaki kanan dari pedal gas, kaki kiri tekan penuh pedal kopling.

  4. Pindahkan tuas persneling dari gigi 2 ke 3.

  5. Lepas pedal kopling sambil perlahan menekan pedal gas untuk menyesuaikan putaran mesin dengan kecepatan mobil.

  6. Begitu seterusnya.


Baca juga :

Menurunkan dan mengurangi gigi mobil


Saat melakukan perpindahan gigi persneling , sebaiknya selalu perhatikan kecepatan mobil dan rpm mesin (lihat pada speedometer dan tachometer). Untuk oper gigi naik (menaikkan gigi persneling) umumnya tidak terlalu banyak masalah, namun untuk menurunkan gigi, lakukan dengan hati-hati.
Patokan utama untuk mengurangi gigi mobil adalah kecepatan laju kendaraan.

Perhatikan kecepatan maksimal mobil untuk menurunkan gigi persneling yang dianjurkan pada buku petunjuk penggunaan mobil, hal ini penting untuk diingat karena masing-masing mobil memiliki batasan yang berbeda terkait kecepatan terendah yang bisa di toleransi oleh transmisi .

Sebagai contoh, jangan menurunkan gigi persneling ke posisi paling rendah (gigi 1 atau gigi 2) disaat kecepatan mobil lebih dari 50 km/jam.

Lakukan perpindahan gigi ke gigi yang lebih rendah setelah kecepatan mobil berada pada kecepatan yang dianjurkan pada buku petunjuk tersebut.

Kesalahan menempatkan posisi gigi persneling pada kecepatan mobil yang tidak sesuai bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal pada mesin dan transmisi.

Jika Anda rajin berlatih memindahkan gigi persneling disaat mobil sedang berjalan, maka akan semakin cepat pula Anda mahir mengemudikan mobil manual. Seiring berjalannya waktu maka perihal memindahkan gigi ini tidak lagi susah dan bahkan akan menjadi kebiasan yang tidak lagi perlu Anda pikirkan bagaimana caranya.

Demikianlah cara mengoper gigi mobil manual untuk pemula yang bisa kami sampaikan. Semoga cara yang sudah kami jelaskan bisa bermanfaat dan memudahkan anda yang baru belajar mengemudi mobil, usahakan untuk menghafal semua posisi gigi agar anda bisa mengoper gigi mobil manual dengan cepat dan benar



[ad_2]

Source link

Komentar