Bagaimana cara pasang talang air mobil?

Cara mengemudi mobil manual di tikungan

[ad_1]




Bagi anda yang sudah terbiasa mengendarai dan mengemudikan mobil, berbelok di berbagai jenis tikungan tentunya tidak akan mengalami kesulitan. Akan lain halnya bagi pengemudi pemula yang baru belajar mengemudikan mobil, berbelok dan menikung merupakan tantangan tersendiri yang cukup mendebarkan.

Selain usaha untuk menyesuaikan feeling terhadap lebar mobil, cara mengoper gigi , cara belok yang benar, serta cara menginjak pedal kopling agar mesin tidak mati pada mobil yang sedang dikendarai. Yang pasti dan tentunya,  mereka tidak ingin mobil yang sedang digunakan untuk berlatih menjadi rusak ataupun penyok karena tertabrak dan bersenggolan.

Oleh karena itu, diperlukanlah teknik dan cara mengemudi mobil di tikungan dengan cara yang benar, bagaimana caranya ? Di artikel kita kali ini, kami akan menginformasikan bagaimana cara mengemudi mobil di tikungan yang benar, selamat membaca

cara mengemudi mobil di tikungan

Sebagai tambahan, agar mobil yang kita kemudikan tetap bisa dikendalikan sehingga aman untuk masuk dan keluar tikungan, maka kita akan membaginya menjadi tiga kondisi, yaitu sebelum di tikungan, saat di tikungan dan setelah tikungan

#1. Sebelum masuk tikungan


Hal paling penting selama mengemudi mobil adalah keselamatan, baik diri sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, sebelum mengemudi mobil di tikungan, anda harus melakukan beberapa persiapan sebelum masuk dan berbelok di tikungan yaitu

1. Menyalakan lampu sein

Saat yang tepat untuk menyalakan lampu sein kiri atau kanan adalah 10-15 detik sebelum memasuki tikungan. Kurang lebihnya sekitar 30 meter sebelum berbelok. Dengan begitu pengendara lain yang berada di depan atau dibelakang kita bisa mengatur kecepatan dan bisa memberikan kesempatan kita untuk berbelok ke arah yang kita tuju.

2. Kurangi kecepatan kendaraan

Setelah memberikan isyarat untuk pengendara lain dengan menyalakan lampu sein, langkah selanjutnya adalah mengurangi kecepatan laju kendaraan. Mengurangi kecepatan mobil sebelum masuk tikungan akan memudahkan kita untuk mengendalikan arah kendaraan agar senantiasa sesuai dengan arah yang akan kita tuju.

3. Jika diperlukan turunkan gigi persneling

Menurunkan gigi persneling ke tingkat yang lebih rendah akan membantu kita agar mobil semakin mudah dikendalikan, selain itu menurunkan gigi persneling dapat membantu kendaraan supaya tidak kehilangan tenaga saat keluar dari tikungan.

Jika sudah berada pada gigi paling rendah dan mobil anda sedang dalam kecepatan rendah juga (contoh : menikung di lingkungan komplek perumahan), maka anda tidak perlu lagi untuk menurunkan gigi persneling.

4. Perhatikan kendaraan dibelakang melalui kaca spion

Langkah terakhir sebelum mobil berbelok di tikungan adalah dengan memperhatikan kondisi kendaraan di belakang anda melalui kaca spion.

Perhatikan kaca spion kendaraan anda ketika akan berbelok. Jika kondisi kosong dan aman maka anda dapat segera berbelok, namun jika tidak maka tunggulah sesaat untuk memastikan kondisi anda aman untuk berbelok.

#2. Saat di tikungan


Cara belok mobil 90 derajat tentulah berbeda dengan cara belok mobil 180 derajat. Berbelok 90 derajat umumnya dilakukan pada persimpangan jalan, sedangkan untuk belok 180 derajat dilakukan pada U-Turn (putar balik)

Untuk berbelok 90 derajat jumlah putaran setir biasanya 1-2x putaran, sedangkan untuk berbelok 180 derajat jumlah putaran stir bisa lebih dari 2x putaran (putar penuh). Namun itu semua tergantung dari jenis kendaraan dan tikungan yang dilalui.

Kunci dari cara mengemudi mobil manual di tikungan adalah dengan memainkan pedal kopling untuk mengatur pergerakan mobil. Tekan pedal kopling untuk mencegah mesin mati, lepas pedal kopling untuk memajukan mobil secara perlahan.

Setelah persiapan sebelum masuk tikungan sudah kita lakukan dan sudah benar-benar aman untuk bisa berbelok, maka langkah berikutnya yang perlu anda lakukan saat di tikungan adalah sebagai berikut

1. Belok setelah setengah panjang mobil

Ketika anda ingin berbelok, biarkan setengah panjang mobil anda melewati sudut tikungan khususnya untuk tikungan yang memiliki sudut belok sebesar 90 derajat. Hal ini bertujuan agar mobil anda bisa melewati tikungan tanpa takut tersangkut di bagian tengah badan mobil.

2. Putar penuh setir searah jalan yang dituju

Setelah setengah mobil anda melewati sudut tikungan, maka putar penuh setir 2x searah dengan jalan yang anda tuju untuk mendapatkan belokan yang sempurna. Misalnya belok ke kiri maka putar penuh setir 2x kearah kiri, begitu juga sebaliknya.

Penguasaan terhadap stir mobil serta mengetahui dengan baik seberapa banyak jumlah putaran setir akan sangat membantu pemula saat berada di tikungan.

3. Perhatikan kondisi mobil saat berbelok

Langkah berikutnya adalah memperhatikan kondisi sekitar mobil ketika berbelok. Bagian depan mobil serta bagian sisi yang searah dengan arah beloknya mobil menjadi bagian yang perlu anda perhatikan.

Perhatikan kondisi melalui kaca spion sepintas saja sambil tetap mempertahankan arah kendaraan agar tetap searah dengan jalan. Jika diperlukan kembalikan posisi stir agar mobil melaju searah dengan arah tikungan yang sudah dilalui.

Selain itu, perhatikan juga kondisi lalu lintas di jalur yang sudah anda ambil untuk berbelok, pastikan kondisi lalu lintas sudah aman dari kedua sisi jalur tempat anda berbelok.

#3. Setelah melewati tikungan


Ketika posisi mobil sudah melewati tikungan dengan aman dan lancar, langkah terkahir yang perlu dilakukan adalah mengatur kecepatan yang aman dan mengarahkan laju mobil anda agar tetap melaju sesuai di jalur yang benar

Baca juga :

Tips saat membelok di tikungan


Membelok di tikungan di jalan raya untuk pemula sangatlah berbahaya jika tidak didampingi oleh instruktur mengemudi dan menggunakan mobil yang dirancang untuk kursus mobil. oleh karena itu perlu diperhatikan hal-hal berikut ketika berbelok di tikungan
  1. Hindari untuk memotong dan mengambil jalur kendaraan lain, berusahalah untuk selalu mempertahankan laju mobil tetap pada jalur kendaraan anda yang semestinya.

  2. Pastikan situasi lalu lintas di sekitar aman untuk berbelok, perhatikan dengan seksama apabila banyak pengendara motor yang berada di sekitar mobil anda, terkadang dapat secara tiba-tiba memotong lajur kendaraan anda, usahakan untuk selalu berhati-hati.

Gambar berikut adalah contoh berbelok di tikungan yang benar
cara mengemudi mobil di tikungan
Ilustrasi berbelok di tikungan yang benar  (sumber: saft7.com)

Gambar berikut adalah contoh berbelok di pertigaan jalan yang benar
cara mengemudi mobil di tikungan pertigaan
ilustrasi berbelok di petigaan yang benar  (sumber: saft7.com)

Demikianlah cara mengemudi mobil di tikungan yang bisa kami sampaikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu anda yang segera ingin bisa mengemudikan mobil atau sedang belajar mengemudi.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Panduan-Mengemudi



[ad_2]

Source link

Komentar