Bagaimana cara pasang talang air mobil?

Apa Pengertian, Fungsi dan Jenis Piston ( Torak )

Pembahasan:

  • Pengertian Piston
  • Konstruksi Torak dan fungsi
  • Jenis-jenis Piston


Pengertian PISTON

piston pada mesin pembakaran dalam digunakan untuk melakukan langkah kerja yaitu langkah hisap, kompresi, usaha, dan buang. Piston bergerak didalam silinder secara naik turun, gerakan naik turun ini diubah menjadi gerak putar oleh crankshaft, piston ini dihubungkan ke crankshaft oleh batang piston dan pena torak.
Karena piston bekerja pada tekanan tinggi, maka piston dibuat dari campuran aluminium, piston juga dilengkapi dengan cincin/ ring kompresi dan ring oli, cincin ini tetap dan mengikuti gerakan piston, fungsi dari ring piston adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran oli atau dan kebocoran kompresi. 

Fungsi Piston atau Torak

Piston merupakan Salah satu komponen penting yang berfungsi untuk :
  • Penerima tenaga pembakaran
  • Meneruskan tenaga pembakaran
  • Membawa cincin torak sebagai pengikat dan menyapu dinding silinder

Proses kerja Torak

Proses kerja torak/ piston adalah bergerak secara translasi didalam silinder untuk ,melakukan langkah hisap, kompresi ,usaha dan buang

Konstruksi

PISTON dilengkapi dengan cincin torak yang terdiri dari cincin oli dan cincin kompresi yang terletak di bagian atas torak. Torak dihubungkan ke crank journal oleh batang torak yg terhubung ke torak melalui pena torak. Torak terbuat dari paduan aluminium. Sehingga torak jadi lebih ringan tapi sensitive terhadap pemuaian, jadi lebih sering digunakan pada motor bensin. Sedangkan untuk motor diesel terbuat dari besi tuang kelabu.

Jenis-jenis Piston / Torak berdasarkan Bentuknya

Dari bentuknya torak dibdakan menjadi tiga yaitu,
  1. Piston / Torak berkepala cekung 
  2. Tidak beraturan (ireguler head ) dan 
  3. Kepala rata.

Celah antara torak dan silinder secar umum adalah 0,02-0,05 mm, bila terlalu kecil torak akan bergesekan dgn dinding silinder dan mengakibatkan kerusakan, sbaliknya jika terlalu besar akan terjadi kebocoran ke ruang engkol hal ini disebut dengan blow by.


Lebih banyak artikel di Dunia Otomotif

Komentar